Saluran distribusi Nike pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua kategori. Tipe distribusi apakah untuk produk Nike tersebut?


Saluran distribusi Nike pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua kategori:
Menjual produk ke grosir di pasar AS dan internasional. Perusahaan menciptakan destinasi ritel khusus dengan bermitra dengan pengecer alas kaki seperti Foot Locker (FL), JD Sports dan Intersport. Penjualan ke pedagang grosir merupakan kategori pendapatan terbesar Nike. 
Penjualan langsung ke konsumen (atau DTC), yang mencakup gerai ritel online dan pabrik serta penjualan e-commerce melalui situs webnya dan melalui perusahaan e-commerce seperti Amazon. Penjualan online melalui Nike Direct adalah saluran distribusi perusahaan dengan pertumbuhan tercepat. Nike melakukan kerja sama dengan beberapa grosir dan retailer terpilih untuk mengembangkan hubungan kerja yang solid. Hal ini juga untuk mempertahankan pelayanan yang spesial dan penjualan yang optimal kepada pelanggan.  Sebagai perusahaan yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun menciptakan pasar yang stabil, sampai saat ini Nike berada pada kondisi permintaan dan penawaran yang seimbang. Nike dengan cepat menstabilkan tingkat persediaan dengan mengadopsi artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML). Cara ini berhasil mengembalikan posisi Nike pada kondiis pasar dimana permintaan dan penawaran tinggi dan seimbang berkat kemampuan meminimalkan biaya persediaan dan meningkatkan layanan. 

Tipe distribusi apakah untuk produk Nike tersebut?

Jawaban:

Tipe distribusi produk Nike adalah multisaluran.

Nike menerapkan strategi distribusi multisaluran untuk menjangkau konsumen di berbagai lokasi dan preferensi pembelian. Penjualan produk Nike terbagi menjadi dua kategori utama, yaitu:

Pertama, penjualan ke grosir di pasar domestik dan internasional. Nike menjalin kerjasama dengan pengecer alas kaki ternama seperti Foot Locker, JD Sports, dan Intersport untuk menciptakan destinasi ritel khusus. Penjualan melalui grosir merupakan kategori pendapatan terbesar Nike.

Kedua, penjualan langsung ke konsumen (DTC) melalui toko online dan fisik Nike, serta melalui situs web e-commerce mereka sendiri dan mitra seperti Amazon. Penjualan online melalui Nike Direct menjadi saluran distribusi dengan pertumbuhan tercepat.

Strategi multisaluran ini memungkinkan Nike untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, meningkatkan kontrol atas merek dan profitabilitas, serta mendapatkan data konsumen yang berharga untuk pengembangan produk dan layanan. Nike terus mengevaluasi dan menyesuaikan strategi distribusi mereka untuk memastikan keefektifan dan keuntungan maksimal.

Comments