Saat kelas 2 sd, kana sangat kagum ketika melihat teman kelasnya membuat prakarya dari batang korek api. Ilustrasi di atas menunjukkan prinsip orisinalitas yang bersifat relatif, yaitu...

Saat kelas 2 sd, kana sangat kagum ketika melihat teman kelasnya membuat prakarya dari batang korek api. Menurut kana, apa yang dibuat oleh temannya sangat kreatif dan baru. Namun, bagi pak amar, seorang guru seni, prakarya tersebut tidaklah baru karena merupakan bahan materi ajar untuk peserta didik kelas 3 sd. ilustrasi di atas menunjukkan prinsip orisinalitas yang bersifat relatif, yaitu...

Jawaban:

Ilustrasi di atas menunjukkan prinsip orisinalitas yang bersifat relatif, yaitu orisinalitas berdasarkan persepsi individu.

Penjelasannya:

Kana terpesona oleh karya prakarya temannya di kelas 2 SD, terbuat dari batang korek api. Bagi Kana, karya itu begitu kreatif dan baru. Namun, Pak Amar, sang guru seni, melihatnya berbeda. Karya itu baginya tak orisinal, karena sudah menjadi materi ajar di kelas 3 SD.

Ilustrasi ini menunjukkan bahwa orisinalitas bersifat relatif, tergantung pada persepsi individu. Bagi Kana yang belum pernah melihatnya, karya itu orisinal. Bagi Pak Amar yang sudah familiar, karya itu tidak.

Orisinalitas tak selalu berarti sesuatu yang benar-benar baru. Karya bisa orisinal jika baru bagi individu yang melihatnya. Dalam seni dan desain, orisinalitas sering dikaitkan dengan kemampuan melihat sesuatu dengan cara baru dan berbeda.

Seorang seniman atau desainer orisinal mampu menghasilkan karya unik dan segar, meskipun mungkin menggunakan bahan atau teknik yang sudah ada.

Komentar