Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PT Surya Elektronik merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai macam alat elektronik seperti televisi, radio, kulkas dll

PT Surya Elektronik merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai macam alat elektronik seperti televisi, radio, kulkas dll. Pada awal 2000an perusahaan menggunakan sistem biaya konvensional dengan dasar level-unit tunggal atas alasan kepraktisan. Namun seiring dengan perkembangan variasi produk yang dihasilkan oleh perusahaan dan permintaan pasar, jumlah biaya overhead pabrik meningkat secara pesat hingga mencapai 70% dari keseluruhan biaya produksi.

Perusahaan mulai kesulitan menentukan biaya produksi per unit dan khawatir tidak akurat sehingga dapat menimbulkan kesalahan penentuan harga jual. Untuk mengatasi permasalahan ini, perusahaan menyewa konsultan manajemen dan disarankan menggunakan sistem ABC.

Menurut Saudara, apakah sebaiknya perusahaan menggunakan sistem ABC atau mempertahankan sistem biaya konvensional. Jelaskan argumentasi Saudara berdasarkan analisis yang mendalam.

Jawaban:

PT Surya Elektronik menghadapi kesulitan dalam menentukan biaya produksi per unit dengan sistem biaya konvensionalnya. Hal ini disebabkan oleh kompleksitas produk, variasi permintaan pasar, dan proporsi biaya overhead yang tinggi. Sistem biaya konvensional yang hanya menggunakan satu tingkat aktivitas (biasanya jam kerja mesin atau jam kerja langsung) untuk mengalokasikan biaya overhead tidak dapat mencerminkan konsumsi sumber daya setiap produk secara akurat.

Oleh karena itu, diperlukan sistem biaya yang lebih tepat dan akurat, seperti Activity-Based Costing (ABC). Sistem ABC mengalokasikan biaya overhead berdasarkan aktivitas yang menghasilkan biaya tersebut, sehingga menghasilkan biaya per unit yang lebih akurat dan mencerminkan konsumsi sumber daya setiap produk.

Penerapan sistem ABC menawarkan beberapa keuntungan bagi PT Surya Elektronik, antara lain:
  • Biaya per unit yang dihasilkan lebih akurat dan mencerminkan konsumsi sumber daya setiap produk.
  • Perusahaan dapat lebih mudah mengidentifikasi produk mana yang benar-benar menguntungkan dan mana yang perlu dievaluasi ulang.
  • Biaya per unit yang akurat menjadi dasar yang lebih baik untuk menentukan harga jual yang kompetitif dan menguntungkan.
  • Informasi biaya yang lebih akurat membantu manajemen dalam mengambil keputusan strategis yang lebih baik, seperti penentuan bauran produk, alokasi sumber daya, dan pengendalian biaya.

Jadi, PT Surya Elektronik sangat direkomendasikan untuk menggunakan sistem ABC untuk mengatasi permasalahan dalam menentukan biaya produksi per unit dan meningkatkan akurasi costing. Sistem ABC menawarkan solusi yang lebih tepat dan akurat untuk alokasi biaya overhead, identifikasi produk, penetapan harga jual, dan pengambilan keputusan.