Perhatikan pernyataan berikut ini: 1) Letak strategis wilayah Indonesia. Faktor yang menyebabkan keanekaragaman bangsa Indonesia ditunjukkan pernyataan nomor…

Perhatikan pernyataan berikut ini:
1) Letak strategis wilayah Indonesia
2) Berasal dari nenek moyang yang berbeda
3) Kondisi Negara kepulauan
4) Perbedaan kondisi alam
5) Perbedaan pendapatan dan mata pencaharian
6) Keadaan transportasi dan komunikasi

Faktor yang menyebabkan keanekaragaman bangsa Indonesia ditunjukkan pernyataan nomor…
A. 1,2,3, dan 4
B. 1,3,4, dan 6
C. 2,3,4, dan 5
D. 3,4,5, dan 6

Jawaban:

A. 1,2,3, dan 4

Penjelasannya:

Keanekaragaman bangsa Indonesia merupakan kekayaan yang tak ternilai. Keberagaman ini tidak muncul begitu saja, melainkan hasil perpaduan dari berbagai faktor. Salah satu faktor utama adalah letak strategis Indonesia di antara dua benua dan dua samudra, menjadikannya jalur perdagangan dan persinggahan bangsa-bangsa dari berbagai penjuru dunia. Hal ini mendorong terjadinya interaksi dan percampuran budaya yang menghasilkan keanekaragaman suku bangsa, bahasa, agama, dan adat istiadat.

Faktor penting lainnya adalah asal-usul bangsa Indonesia yang berasal dari berbagai ras dan etnis, seperti ras Mongoloid, Negroid, dan Kaukasoid. Perbedaan ras dan etnis ini menghasilkan keanekaragaman fisik, bahasa, dan budaya yang unik di setiap daerah.

Kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan dengan ribuan pulau juga berkontribusi terhadap keanekaragaman. Isolasi geografis di beberapa daerah memicu munculnya budaya dan bahasa yang khas dan berbeda.

Keberagaman alam Indonesia, dengan berbagai kondisi seperti pegunungan, dataran rendah, hutan, pantai, dan pulau-pulau kecil, turut menghasilkan keanekaragaman flora, fauna, dan mata pencaharian masyarakat.

Perlu dicatat bahwa perbedaan pendapatan dan mata pencaharian serta keadaan transportasi dan komunikasi bukan penyebab, melainkan akibat dari keanekaragaman bangsa Indonesia. Perkembangan transportasi dan komunikasi justru dapat meningkatkan interaksi dan pertukaran budaya antar daerah, sehingga dapat memengaruhi keanekaragaman bangsa Indonesia.

Komentar