Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan paragraf berikut ini! Senang memelihara tanaman hias merupakan modal dasar untuk mencintai lingkungan

Perhatikan paragraf berikut ini!

Senang memelihara tanaman hias merupakan modal dasar untuk mencintai lingkungan. Tanaman hias tersebut selain sebagai penghias, juga membuat lingkungan menjadi teduh, asri, dan nyaman. Dengan demikian, memelihara tanaman hias merupakan langkah awal melestarikan lingkungan hidup.

Pengembangan paragraf di atas adalah ....
A. Argumentasi
B. Eksposisi
C. Deskripsi
D. Persuasi
E. Narasi

Jawaban: A. Argumentasi

Penjelasannya:

Paragraf yang disajikan berusaha meyakinkan pembaca bahwa memelihara tanaman hias adalah langkah awal untuk mencintai lingkungan hidup. Hal ini dilakukan dengan cara mengemukakan dua argumen utama:

Pertama, tanaman hias memberikan manfaat nyata bagi lingkungan. Kehadirannya mampu menyejukkan, mempercantik, dan menciptakan suasana asri dan nyaman. Keteduhan yang dihasilkan oleh dedaunan tanaman membantu mendinginkan suhu di sekitar, sementara keindahannya memberikan sentuhan alam yang menyegarkan mata.

Kedua, memelihara tanaman hias merupakan wujud kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Dengan merawatnya dengan baik, kita menunjukkan tanggung jawab untuk menjaga keseimbangan alam. Melalui tindakan kecil ini, kita berkontribusi dalam menjaga kelestarian ekosistem dan meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan.

Kedua argumen tersebut kemudian dihubungkan dengan kalimat kunci "Senang memelihara tanaman hias merupakan modal dasar untuk mencintai lingkungan." Kalimat ini menjadi tesis yang memperkuat gagasan utama paragraf, yaitu bahwa memelihara tanaman hias merupakan langkah awal untuk mencintai lingkungan hidup.

Paragraf ini menggunakan pola pengembangan argumentasi dengan efektif. Argumen yang dikemukakan logis dan didukung dengan contoh yang jelas, sehingga meyakinkan pembaca untuk menerima tesis yang disampaikan. Penggunaan bahasa yang persuasif dan informatif semakin memperkuat daya tarik paragraf ini.

Dengan demikian, paragraf ini berhasil menyampaikan pesan bahwa memelihara tanaman hias bukan hanya hobi yang menyenangkan, tetapi juga merupakan tindakan positif untuk mencintai dan melestarikan lingkungan hidup.