Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pada tahap pra pelaporan, seorang auditor Sumber Daya Manuasia untuk meyakinkan bahwa data, temuan atau kesimpulannya adalah benar dan valid, maka harus melakukan pengujian

Pada tahap pra pelaporan, seorang auditor Sumber Daya Manuasia untuk meyakinkan bahwa data, temuan atau kesimpulannya adalah benar dan valid, maka harus melakukan pengujian.

Sebutkan dan jelaskan hal-hal yang dilakukan dalam pengujian!

Jawaban:

Pada tahap pra pelaporan audit Sumber Daya Manusia (SDM), auditor melakukan pengujian untuk memastikan akuratnya data, kebenaran temuan, dan keabsahan kesimpulan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kredibilitas laporan audit dan memastikan bahwa laporan tersebut memberikan gambaran yang objektif dan tepat tentang kondisi pengelolaan SDM dalam organisasi.

Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan dalam pengujian:

1. Menguji ulang data dan temuan

Auditor melakukan verifikasi ulang data yang telah dikumpulkan selama proses audit. Hal ini dilakukan dengan cara memeriksa kembali sumber data, memvalidasi informasi dengan pihak terkait, dan melakukan perhitungan ulang jika diperlukan.

Auditor juga mengulang analisis temuan yang telah diperoleh untuk memastikan bahwa analisis tersebut logis, konsisten, dan didukung oleh bukti yang kuat.

2. Melakukan konfirmasi dengan pihak terkait

Auditor berkomunikasi dengan pihak-pihak yang terkait dengan temuan audit untuk mendapatkan konfirmasi atas temuan tersebut. Hal ini dapat dilakukan melalui wawancara, kirim surat, atau pertemuan.

Konfirmasi ini penting untuk memverifikasi keakuratan informasi dan mendapatkan perspektif yang berbeda dari pihak-pihak yang terlibat.

3. Melakukan pengujian pengendalian

Auditor mengevaluasi efektivitas pengendalian internal yang diterapkan organisasi terkait dengan pengelolaan SDM. Hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi potensi kelemahan dalam pengendalian dan menilai risiko yang terkait dengan kelemahan tersebut.

Pengujian pengendalian dapat dilakukan dengan cara observasi, wawancara, pemeriksaan dokumen, dan pengujian transaksi.

4. Melakukan analisis tren

Auditor menganalisis tren dalam data dan temuan audit untuk mengidentifikasi pola dan masalah yang berulang. Hal ini dapat membantu auditor dalam memahami akar permasalahan dan merekomendasikan solusi yang tepat.

Analisis tren dapat dilakukan dengan cara membuat grafik, tabel, dan laporan.

5. Mendapatkan ulasan dari rekan sejawat

Auditor mendapatkan ulasan dari rekan sejawat atas laporan auditnya sebelum finalisasi. Hal ini dilakukan untuk memperoleh masukan dan saran untuk meningkatkan kualitas laporan audit. Ulasan dari rekan sejawat dapat membantu auditor dalam mengidentifikasi potensi kesalahan dan memperkuat argumen dalam laporan audit.

Dengan melakukan pengujian secara menyeluruh, auditor dapat meningkatkan keyakinannya atas data, temuan, dan kesimpulan auditnya. Hal ini akan menghasilkan laporan audit yang kredibel dan berguna bagi organisasi dalam meningkatkan pengelolaan SDMnya.