Mengapa transformasi sosial menjadi isu yang perlu mendapat perhatian khusus UNESCO?

Mengapa transformasi sosial menjadi isu yang perlu mendapat perhatian khusus UNESCO?

Jawaban:

Transformasi sosial menjadi isu yang perlu mendapat perhatian khusus UNESCO karena membawa dampak negatif bagi banyak negara pasca runtuhnya Uni Soviet dan berakhirnya Perang Dingin, seperti persaingan dagang antar negara, kerusakan lingkungan, dan ketegangan sosial politik akibat migrasi.

Penjelasannya:

Transformasi sosial menjadi isu krusial yang mendapat perhatian khusus dari UNESCO. Hal ini didasari oleh berbagai dampak negatif pasca runtuhnya Uni Soviet dan berakhirnya Perang Dingin di tahun 1990-an, seperti persaingan dagang antar negara, kerusakan lingkungan, dan ketegangan sosial politik akibat migrasi.

Menyadari kompleksitas permasalahan tersebut, UNESCO menggagas program MOST (Management of Social Transformation) untuk mendorong penelitian ilmu sosial, menghubungkan hasil penelitian dengan kebijakan publik, dan membantu negara-negara anggota dalam mengatasi berbagai tantangan sosial.

Fokus utama MOST meliputi manajemen masyarakat multikultural, isu sosial dan lingkungan di wilayah perkotaan, serta strategi untuk mengatasi dampak tekanan global, proses lingkungan, teknologi, dan ekonomi di tingkat nasional dan lokal.

Melalui MOST, UNESCO berperan penting dalam mempromosikan perdamaian, keadilan sosial, dan pembangunan berkelanjutan di seluruh dunia, dengan membantu negara-negara anggota, khususnya negara-negara berkembang, dalam membangun kapasitas mereka untuk melakukan penelitian dan merumuskan kebijakan yang tepat dan efektif dalam menghadapi transformasi sosial.

Komentar