Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa tanggal 20 Mei diperingati sebagai hari Kebangkitan Nasional?

Mengapa tanggal 20 Mei diperingati sebagai hari Kebangkitan Nasional?

Jawaban:

Tanggal 20 Mei diperingati sebagai hari Kebangkitan Nasional karena merupakan hari lahirnya organisasi Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908, yang dianggap sebagai cikal bakal kebangkitan nasional rakyat Indonesia.

Penjelasannya:

Tanggal 20 Mei bukan sembarang tanggal dalam sejarah bangsa Indonesia. Di hari inilah, tepatnya pada tahun 1908, organisasi Budi Utomo didirikan. Berdirinya Budi Utomo menandai titik awal kebangkitan nasional rakyat Indonesia.

Budi Utomo, sebagai organisasi modern pertama yang didirikan pribumi, membawa angin segar bagi perjuangan kemerdekaan. Organisasi ini mengusung semangat persatuan dan kesatuan bangsa, serta mendorong rakyat untuk mencapai kemerdekaan. Lahirnya Budi Utomo menjadi inspirasi bagi munculnya organisasi-organisasi pergerakan nasional lainnya, seperti Sarekat Islam, Paguyuban Pasundan, dan Jong Java.

Semangat Budi Utomo terus berkobar dan mengantarkan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan. Atas peran pentingnya, tanggal 20 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional oleh Presiden Soekarno pada tahun 1948.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional bukan hanya untuk mengenang sejarah, tetapi juga untuk menginspirasi generasi penerus. Kita harus terus menjaga semangat persatuan dan kesatuan yang diwariskan oleh para pendahulu. Mari kita jadikan momen ini sebagai pengingat untuk terus berkontribusi demi kemajuan bangsa Indonesia.