Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika, meskipun beragam...

Makna dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika, meskipun beragam...
A. Suku bangsa, agama, ras, dan abtar golongan, tetapi tetap satu kesatuan
B. Pemikiran tetapi tetap untuk kemajuan indonesia
ะก. Indonesia negara majemuk, tetapi mampu hidup rukun
D. Peraturan, tetapi tetap menjunjung hukum nasional

Jawaban: A. Suku bangsa, agama, ras, dan antar golongan, tetapi tetap satu kesatuan

Penjelasannya:

Bhinneka Tunggal Ika, semboyan bangsa Indonesia yang terukir indah di lambang Garuda Pancasila, memiliki makna mendalam yang menjadi landasan persatuan bangsa. Semboyan ini berasal dari bahasa Jawa Kuno yang berarti "beraneka ragam tapi satu kesatuan".

Meskipun Indonesia memiliki kekayaan budaya, suku bangsa, agama, dan ras yang beragam, Bhinneka Tunggal Ika menegaskan bahwa kita semua adalah satu bangsa yang utuh. Keberagaman ini bukan untuk dipertentangkan, melainkan harus dihargai dan dihormati.

Semangat Bhinneka Tunggal Ika mewajibkan kita untuk saling menghormati antarumat beragama, menghargai adat istiadat dan tradisi suku bangsa lain, serta tidak mendiskriminasi orang lain berdasarkan ras atau golongan. Dengan menerapkan prinsip ini, kita dapat menciptakan masyarakat yang harmonis, damai, dan rukun.

Persatuan dan kesatuan bangsa menjadi kunci dalam menghadapi berbagai tantangan dan membangun Indonesia yang lebih maju dan sejahtera. Bhinneka Tunggal Ika bukan hanya semboyan, tetapi juga komitmen bersama untuk menjaga keutuhan bangsa dan mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

Marilah kita jaga dan lestarikan semangat Bhinneka Tunggal Ika dengan saling menghormati, menghargai perbedaan, dan bekerja sama untuk membangun bangsa yang lebih baik.