Kondisi tersebut menunjukkan gejala masalah sosial berupa...


Banyak produk perusahaan multinasional masuk ke berbagai negara untuk mengembangkan pangsa pasarnya. Sebagian perusahaan tersebut mengembangkan industrinya di negara- negara berkembang yang memiliki upah tenaga kerja rendah. Produk yang dihasilkan diekspor dengan standar mata uang asing. Sebagian besar keuntungan mengalir ke luar, sementara negara mengandalkan sebagian keuntungan dari sektor pajak. Pada posisi tertentu, negara justru lebih banyak berpihak pada pemilik perusahaan. Standar upah tenaga kerja cukup sulit diperjuangkan untuk naik setiap tahunnya.

Kondisi tersebut menunjukkan gejala masalah sosial berupa...
A. Ketimpangan budaya
B. Neokolonialisme
C. Kejahatan siber
D. Konsumerisme
E. Kemiskinan

Jawaban: B. Neokolonialisme

Penjelasannya:

Situasi yang digambarkan menunjukkan gejala neokolonialisme, yaitu bentuk penjajahan modern di mana negara-negara maju mengeksploitasi negara-negara berkembang melalui kekuatan ekonomi dan politiknya.

Hal ini terlihat dari beberapa indikator, seperti eksploitasi tenaga kerja murah di negara berkembang, aliran keuntungan ke luar negeri, ketergantungan negara berkembang pada pajak dari perusahaan multinasional, dan lemahnya negosiasi upah bagi pekerja.

Meskipun globalisasi produk perusahaan multinasional dapat menyebabkan perubahan budaya, hal ini tidak selalu merupakan masalah sosial yang negatif. Kejahatan siber, konsumerisme, dan kemiskinan adalah masalah kompleks dengan banyak faktor penyebab, dan tidak secara langsung terkait dengan praktik perusahaan multinasional di negara-negara berkembang.

Oleh karena itu, neokolonialisme adalah jawaban yang paling tepat untuk situasi yang digambarkan.

Comments