Jelaskan faktor penyebab utama perubahan sosial pada artikel!


Jelaskan faktor penyebab utama perubahan sosial pada artikel!

Jawaban:

Faktor penyebab utama perubahan sosial pada artikel adalah dipicu oleh pergeseran paradigma pembangunan, di mana fokus hanya pada ekonomi beralih ke aspek sosial pula, dan ketidakseimbangan dampak pertumbuhan ekonomi yang tinggi, seperti pengangguran dan kemiskinan, memicu pertanyaan masyarakat tentang efektivitas model pembangunan tersebut. Hal ini mendorong munculnya gerakan sosial, meningkatnya kesadaran terhadap isu sosial, dan berbagai kebijakan pemerintah yang fokus pada pengembangan masyarakat.

Penjelasannya:

Sebelum tahun 1970, pembangunan hanya dilihat dari sudut pandang ekonomi, dengan fokus pada peningkatan pendapatan, modal, dan pertumbuhan ekonomi. Namun, seiring waktu, berbagai fenomena sosial yang muncul menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi tinggi tidak selalu sejalan dengan peningkatan taraf hidup masyarakat. Hal ini memicu pergeseran paradigma pembangunan, di mana aspek sosial mulai mendapat perhatian yang lebih besar.

Pergeseran paradigma ini didorong oleh dua faktor utama. Pertama, ketidakseimbangan dampak pertumbuhan ekonomi. Data empiris menunjukkan bahwa beberapa negara dengan pertumbuhan ekonomi tinggi juga mengalami masalah seperti pengangguran, kemiskinan, dan kesenjangan sosial. Ketidakseimbangan ini memicu perubahan sosial karena masyarakat mulai mempertanyakan efektivitas model pembangunan yang hanya berfokus pada pertumbuhan ekonomi.

Kedua, munculnya kesadaran baru tentang pentingnya aspek sosial dalam pembangunan. Banyak pihak mulai menyadari bahwa pertumbuhan ekonomi yang tinggi tidak menjadi jaminan terhadap perbaikan taraf hidup penduduk di suatu negara. Hal ini mendorong perubahan paradigma pembangunan, di mana aspek sosial seperti kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat menjadi fokus utama.

Perubahan paradigma pembangunan ini membawa dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan. Munculnya berbagai gerakan sosial yang memperjuangkan keadilan sosial dan pemerataan kesejahteraan. Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap isu-isu sosial seperti kemiskinan, pengangguran, dan diskriminasi. Tumbuhnya berbagai kebijakan dan program pemerintah yang berfokus pada pengembangan masyarakat dan pengentasan kemiskinan.

Perubahan sosial ini merupakan proses yang dinamis dan terus berlangsung. Seiring dengan perkembangan zaman dan munculnya berbagai tantangan baru, faktor-faktor yang mendorong perubahan sosial juga akan terus berkembang.

Comments