Jelaskan faktor penyebab perubahan sosial pada fenomena tersebut!

Jelaskan faktor penyebab perubahan sosial pada fenomena tersebut!

Jawaban:

Fenomena penurunan perajin gerabah di Dukuh Dolon dan perkembangan industri gerabah di Desa Melikan didorong oleh kombinasi faktor, seperti gempa bumi 2006 yang mendorong alih profesi, minimnya tenaga kerja muda di Dukuh Dolon, strategi pengembangan usaha yang berbeda, letak geografis, nilai-nilai budaya, dan dukungan pemerintah. Faktor-faktor ini memicu perubahan struktur sosial, sistem sosial, dan nilai-nilai sosial terkait industri gerabah di kedua desa.

Penjelasannya:

Penurunan jumlah perajin gerabah di Dukuh Dolon dan perkembangan industri gerabah di Desa Melikan merupakan fenomena perubahan sosial yang kompleks dengan berbagai faktor pendorong. Gempa bumi tahun 2006 dan keterbatasan sumber daya manusia menjadi faktor awal yang mendorong masyarakat mencari alternatif pekerjaan, termasuk di industri gerabah.

Namun, perkembangan industri gerabah di kedua desa menunjukkan perbedaan yang signifikan. Desa Melikan mampu beradaptasi dengan perubahan dengan mengembangkan produk gerabah modern yang diminati wisatawan, sedangkan Dukuh Dolon mengalami stagnasi. Perbedaan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti strategi pengembangan usaha yang berbeda, letak geografis yang kurang strategis, faktor budaya yang kurang mendukung inovasi, dan minimnya dukungan pemerintah.

Komentar