Jelaskan cara PT. Telkom beradaptasi terhadap pengaruh perubahan lingkungan bisnis yang semakin cepat!

Jelaskan cara PT. Telkom beradaptasi terhadap pengaruh perubahan lingkungan bisnis yang semakin cepat!

Jawaban:

PT Telkom, sebagai perusahaan telekomunikasi terdepan di Indonesia, dihadapkan pada perubahan lingkungan bisnis yang semakin cepat. Untuk tetap kompetitif dan relevan, Telkom melakukan berbagai langkah adaptasi strategis yang komprehensif.

Pertama, Telkom melakukan transformasi digital secara menyeluruh, dengan fokus pada pengembangan infrastruktur digital, layanan digital, dan talenta digital. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi, menghadirkan layanan inovatif, dan memperkuat daya saing di era digital.

Kedua, Telkom melakukan penyesuaian struktur organisasi agar lebih agile dan adaptif terhadap perubahan. Penyesuaian ini meliputi perampingan birokrasi, peningkatan kolaborasi antar unit, dan fokus pada pengembangan digital business units.

Ketiga, Telkom menanamkan budaya perusahaan yang inovatif, kolaboratif, dan berorientasi pada pelanggan. Hal ini dilakukan untuk mendorong karyawan agar lebih kreatif, proaktif, dan fokus pada penyelesaian masalah pelanggan.

Di sisi eksternal, Telkom melakukan diversifikasi layanan dengan melebarkan sayap ke berbagai sektor seperti media, edukasi, dan kesehatan. Hal ini dilakukan untuk menangkap peluang baru dan meningkatkan sumber pendapatan perusahaan.

Selain itu, Telkom menjalin kerjasama strategis dengan berbagai pihak untuk memperluas jangkauan pasar, mengembangkan teknologi baru, dan meningkatkan efisiensi.

Terakhir, Telkom terus berinovasi untuk menghadirkan produk dan layanan baru yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini dilakukan dengan melakukan penelitian dan pengembangan, serta berkolaborasi dengan startup dan akademisi.

Komentar