Fenomena pada artikel dapat diklasifikasikan sebagai perubahan sosial tidak terencana karena...


Fenomena pada artikel dapat diklasifikasikan sebagai perubahan sosial tidak terencana karena...

Jawaban:

Fenomena pada artikel dapat diklasifikasikan sebagai perubahan sosial tidak terencana karena tidak sesuai dengan ekspektasi paradigma pembangunan awal dan bersifat tidak terduga.

Penjelasannya:

Perubahan sosial yang muncul di negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi tinggi, seperti pengangguran dan kemiskinan, dikategorikan sebagai perubahan sosial tidak terencana. Hal ini dikarenakan paradigma pembangunan awal yang hanya berfokus pada aspek ekonomi, sehingga tidak mengantisipasi dampak sosial dari pertumbuhan ekonomi yang pesat.

Ketidaksesuaian antara ekspektasi peningkatan kesejahteraan sosial dengan realita munculnya masalah sosial menunjukkan kekurangan persiapan dan kebijakan untuk mengatasinya. Sifat tidak terduga dari dampak sosial ini, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor kompleks, memperparah situasi dan menghambat pembangunan manusia dan sosial.

Oleh karena itu, pemahaman terhadap perubahan sosial tidak terencana menjadi krusial dalam merumuskan strategi pembangunan yang lebih komprehensif dan berkelanjutan. Para pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan perlu mempertimbangkan aspek sosial dan budaya, serta mengembangkan kebijakan proaktif untuk mengantisipasi dan mengatasi dampak sosial dari perubahan ekonomi.

Comments