Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diskusikan, termasuk dalam tindakan manajerial apakah yang dilakukan Galaxi untuk meningkatkan keuntungan? Kaitkan juga jawaban Anda dengan konsep level cycle service optimal sebagai suatu fungsi rasio dari cost of overstocking dan cost of understocking untuk meningkatkan tingkat optimal ketersediaan produk

Galaxi merupakan salah satu department store terkemuka di Indonesia, dengan menjual fashion dari berbagai merek baik untuk anak-anak, remaja dan dewasa yang ditujukan untuk kalangan menengah keatas. Dengan jaringan retail yang berada di seluruh Indonesia, Galaxi melakukan strategi bahwa produk-produk terbaru diprioritaskan untuk toko di kota-kota besar Indonesia, kelebihan produk atau bahkan produk yang tidak terjual di kota besar akan dijual di toko-toko di kota-kota kecil lainnya dengan harga diskon pada beberapa item. Hal ini mengingat pembeli di kota-kota besar lebih konsumtif daripada pembeli di kota kecil. Tren terbaru menjadi tujuan utama, sedangkan harga dapat mengikuti tren. Sebaliknya di kota-kota kecil, dengan daya beli yang lebih rendah, peruahaan mengutamakan harga yang lebih murah dibandingkan dengan tren terbaru. Dengan demikian, nilai barang akan disesuaikan dengan pasar.

Diskusikan, termasuk dalam tindakan manajerial apakah yang dilakukan Galaxi untuk meningkatkan keuntungan? Kaitkan juga jawaban Anda dengan konsep level cycle service optimal sebagai suatu fungsi rasio dari cost of overstocking dan cost of understocking untuk meningkatkan tingkat optimal ketersediaan produk

Jawaban:

Galaxi Department Store, sebagai salah satu pemain utama di industri retail Indonesia, menunjukkan strategi jitu untuk memaksimalkan keuntungan di seluruh penjuru negeri. Strategi ini berfokus pada diferensiasi produk berdasarkan lokasi dan analisis level cycle service yang optimal.

Di kota-kota besar, Galaxi menghadirkan produk-produk terbaru dan trendi yang sesuai dengan selera konsumen yang konsumtif dan mengikuti tren fashion terkini. Harga produk pun mengikuti tren pasar, memaksimalkan keuntungan dari minat konsumen yang tinggi terhadap produk-produk baru.

Di sisi lain, Galaxi memahami daya beli yang lebih rendah di kota-kota kecil. Oleh karena itu, mereka fokus menawarkan produk dengan harga yang lebih terjangkau dan tidak lekang oleh waktu. Strategi ini memastikan Galaxi tetap kompetitif dan menarik bagi konsumen di area tersebut.

Untuk mencapai tingkat optimal ketersediaan produk, Galaxi menerapkan analisis level cycle service. Di kota besar, level cycle service yang lebih rendah diterapkan untuk produk trendi yang memiliki umur simpan lebih pendek. Hal ini meminimalisir risiko produk ketinggalan zaman dan biaya penyimpanan yang tinggi.

Sedangkan di kota kecil, level cycle service yang lebih tinggi diterapkan untuk produk yang lebih tahan lama. Strategi ini membantu Galaxi menghindari risiko kekosongan stok dan kehilangan penjualan.

Selain strategi diferensiasi produk dan analisis level cycle service, Galaxi juga melakukan beberapa langkah penting untuk meningkatkan keuntungan, seperti:
  • Melakukan analisis data penjualan secara berkala untuk memahami tren dan preferensi konsumen di setiap lokasi.
  • Mengoptimalkan manajemen stok dengan mempertimbangkan level cycle service yang optimal di setiap lokasi.
  • Menawarkan promo dan diskon menarik untuk produk tertentu di kota-kota kecil untuk meningkatkan daya beli.
  • Memberikan pelatihan kepada staf tentang strategi penjualan yang berbeda di kota besar dan kecil.

Dengan kombinasi strategi yang tepat dan pelaksanaan yang efektif, Galaxi Department Store menunjukkan komitmennya untuk mencapai keuntungan maksimal dan memperkuat posisinya sebagai department store terkemuka di Indonesia.