Dalam Wawasan Nusantara dijelaskan bahwa wilayah Indonesia merupakan satu kesatuan dalam bidang pertahanan keamanan. Hal ini mengandung arti ancaman terhadap...

Dalam Wawasan Nusantara dijelaskan bahwa wilayah Indonesia merupakan satu kesatuan dalam bidang pertahanan keamanan. Hal ini mengandung arti ancaman terhadap...
A. Suatu wilayah negara merupakan ancaman terhadap seluruh tanah air
B. Sebagian wilayah negara merupakan ancaman terhadap wilayah tersebut.
C. Suatu wilayah negara harus dapat diatasi oleh aparat wilayah tersebut
D. Sebagian wilayah negara harus dapat diatasi secepatnya oleh pemerintah pusat
E. Wilayah teritorial laut di Indonesia

Jawaban: A. Suatu wilayah negara merupakan ancaman terhadap seluruh tanah air

Penjelasannya:

Wawasan Nusantara menanamkan pemahaman bahwa Indonesia adalah satu kesatuan utuh, tak hanya secara geografis, tetapi juga dalam hal pertahanan dan keamanan. Oleh karena itu, ancaman terhadap satu wilayah negara pada hakikatnya merupakan ancaman terhadap seluruh bangsa dan negara.

Mengapa demikian?

Pertama, Indonesia sebagai kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau saling terhubung dan saling bergantung. Ancaman di satu wilayah dapat dengan mudah menyebar ke wilayah lain, bagaikan api yang menjalar, mengganggu stabilitas dan keamanan nasional secara keseluruhan.

Kedua, dampak dari ancaman di satu wilayah dapat meluas ke berbagai aspek kehidupan, seperti ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Gangguan di satu wilayah dapat menghambat pembangunan nasional dan merugikan rakyat di seluruh Indonesia.

Ketiga, Wawasan Nusantara menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Ancaman terhadap satu wilayah merupakan seruan untuk bersatu dan bersama-sama melawannya demi menjaga keutuhan bangsa dan negara.

Contohnya, pelanggaran kedaulatan di wilayah perairan Indonesia seperti pencurian ikan oleh kapal asing di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) tidak hanya merugikan nelayan di wilayah tersebut, tetapi juga mengancam ketahanan pangan nasional dan kedaulatan maritim Indonesia.

Contoh lainnya, gerakan separatis di suatu daerah yang bertujuan memisahkan diri dari Indonesia tidak hanya mengganggu stabilitas dan keamanan di daerah tersebut, tetapi juga dapat memicu konflik dan disintegrasi nasional.

Oleh karena itu, dalam Wawasan Nusantara, menjaga keamanan satu wilayah sama artinya dengan menjaga keamanan seluruh bangsa dan negara. Upaya penanggulangan ancaman harus dilakukan secara komprehensif dan terpadu, melibatkan seluruh komponen bangsa, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun masyarakat.

Semangat persatuan dan kesatuan menjadi kunci dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara. Wawasan Nusantara mengingatkan kita bahwa setiap jengkal tanah air Indonesia harus dijaga dan dipertahankan dari segala bentuk ancaman. Bersama-sama, kita wujudkan Indonesia yang aman, damai, dan sejahtera.

Komentar