Bila ditampilkan dalam wujud program Pendidikan, paradigma baru menuntut empat syarat pokok. Jelaskan ke empat syarat yang dimaksud!

Bila ditampilkan dalam wujud program Pendidikan, paradigma baru menuntut empat syarat pokok. Jelaskan ke empat syarat yang dimaksud!

Jawaban:

Paradigma baru dalam program pendidikan menuntut transformasi menyeluruh untuk menghasilkan generasi muda yang kompeten dan berkarakter. Bila ditampilkan dalam wujud program Pendidikan, paradigma baru menuntut empat syarat pokok, yaitu:

1. Fokus pada Kemampuan Dasar dan Kewarganegaraan

Pendidikan tidak hanya berfokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga pengembangan kemampuan dasar seperti literasi, numerasi, sains, dan teknologi informasi dan komunikasi. Kemampuan kewarganegaraan yang meliputi karakter, berpikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikasi, juga menjadi esensial untuk melahirkan generasi yang siap beradaptasi dan berkontribusi bagi masa depan.

2. Standar Materi Kewarganegaraan yang Relevan

Standar materi kewarganegaraan menjadi panduan dalam merancang kurikulum dan pembelajaran. Materi ini harus relevan dengan perkembangan zaman, konteks lokal, dan kebutuhan peserta didik. Penekanannya bukan hanya pada pengetahuan kognitif, tetapi juga pada pembentukan nilai-nilai positif dan karakter mulia.

3. Penilaian Holistik untuk Mengukur Kemajuan

Penilaian holistik dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek perkembangan peserta didik, bukan hanya nilai akademis. Aspek afektif dan psikomotorik, seperti sikap, karakter, dan kreativitas, juga diukur untuk memberikan gambaran utuh tentang kemajuan belajar.

4. Indikator Pencapaian sebagai Acuan Keberhasilan

Indikator pencapaian yang jelas, terukur, dan dapat diamati menjadi tolok ukur keberhasilan peserta didik dalam mencapai kemampuan dasar dan kewarganegaraan. Penilaian ini tidak hanya berfokus pada tes tertulis, tetapi juga pada berbagai aspek seperti kinerja, portofolio, dan proyek.

Komentar