Berikan dua contoh upaya yang tepat untuk mengoptimalkan peluang dalam menghadapi tantangan era digital pada artikel!

UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Hingga saat ini jumlah UMKM mencapai 64,2 juta, dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai Rp8.573,89 triliun. Meskipun demikian, kemampuan ekspor UMKM masih terbatas, yaitu sekitar 14,37% dari total ekspor. Sementara pemanfaatan e-commerce juga masih rendah, yaitu sekitar 21% dari pelaku UMKM.

Sumber: Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, 2022-

Berikan dua contoh upaya yang tepat untuk mengoptimalkan peluang dalam menghadapi tantangan era digital pada artikel!

Jawaban:

Dua contoh upaya yang tepat untuk mengoptimalkan peluang dalam menghadapi tantangan era digital pada artikel adalah:
  • UMKM perlu meningkatkan kapasitas dan literasi digital melalui pelatihan, edukasi, dan kolaborasi
  • UMKM perlu menjalin kemitraan dengan e-commerce dan marketplace untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Penjelasannya:

UMKM, sebagai pilar utama perekonomian Indonesia, dihadapkan pada era digital dengan peluang dan tantangan yang kompleks. Untuk mengoptimalkan peluang dan menghadapi tantangan tersebut, diperlukan upaya strategis yang tepat. Salah satu kuncinya adalah dengan meningkatkan kapasitas dan literasi digital para pelaku UMKM.

Peningkatan kapasitas dan literasi digital dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti pelatihan, edukasi, pendampingan, dan mentoring. Para pelaku UMKM perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam memanfaatkan berbagai aspek digital, seperti pemasaran digital, manajemen keuangan digital, dan manajemen operasi digital.

Selain itu, penguatan jaringan dan kolaborasi antar UMKM juga tak kalah penting. Membangun jaringan dan komunitas, memfasilitasi kolaborasi, dan menjalin kemitraan dengan e-commerce dan marketplace dapat membantu UMKM dalam memasarkan produk, mengembangkan produk baru, dan mendapatkan harga bahan baku yang lebih murah.

Dengan menerapkan upaya-upaya tersebut, UMKM dapat meningkatkan daya saing, menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan penjualan dan keuntungan, serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional. Era digital bukan lagi menjadi momok bagi UMKM, melainkan peluang emas untuk meraih kesuksesan dan memperkuat peran mereka dalam perekonomian Indonesia.

Komentar