Berdasarkan artikel di atas, fenomena tingginya migrasi dipengaruhi oleh arus globalisasi karena...

Berdasarkan artikel di atas, fenomena tingginya migrasi dipengaruhi oleh arus globalisasi karena...
A. Potensi daerah mampu dikelola dengan baik sehingga standar upah meningkat
B. Industri manufaktur membutuhkan banyak tenaga kerja dengan pendidikan rendah
C. Investasi asing memperluas industrialisasi sehingga mampu menarik tenaga kerja
D. Sistem kontrak membantu pekerja leluasa mencari pekerjaan dalam waktu singkat
E. Jumlah penduduk yang tidak merata menyebabkan perpindahan penduduk ke berbagai wilayah

Jawaban:

C. Investasi asing memperluas industrialisasi sehingga mampu menarik tenaga kerja

Penjelasannya:

Fenomena tingginya migrasi ke Batam erat kaitannya dengan arus globalisasi yang memicu peningkatan investasi asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di wilayah tersebut. Lonjakan investasi ini mendorong perluasan kawasan industri dan perdagangan, sehingga membuka banyak peluang kerja baru, terutama bagi para pencari kerja muda dengan pendidikan rendah atau baru lulus sekolah.

Peningkatan nilai FDI sebesar 46,6% di tahun 2016 dibandingkan tahun 2015 menjadi bukti nyata geliat investasi di Batam. Investasi ini digunakan untuk mengembangkan berbagai industri, seperti industri manufaktur, perdagangan, pembuatan kapal, dan pariwisata. Perluasan kawasan industri ini membutuhkan banyak tenaga kerja baru, sehingga menjadi daya tarik utama bagi para migran.

Ketersediaan lapangan pekerjaan di berbagai industri di Batam membuka peluang bagi para migran untuk mendapatkan pekerjaan dalam waktu yang relatif singkat. Sistem kerja kontrak jangka pendek juga semakin memudahkan para pekerja baru untuk masuk ke perusahaan. Ditambah lagi, karakteristik pekerjaan yang tidak membutuhkan keahlian tingkat tinggi mempercepat proses pencarian kerja bagi para migran yang baru tiba di Batam.

Komentar