Bagaimana titik keseimbangan antara kurva IS dan kurva LM menentukan tingkat output dan tingkat suku bunga dalam perekonomian?

Bagaimana titik keseimbangan antara kurva IS dan kurva LM menentukan tingkat output dan tingkat suku bunga dalam perekonomian?

Jawaban:

Titik keseimbangan IS-LM adalah titik di mana kurva IS dan kurva LM berpotongan, menunjukkan tingkat output (Y) dan tingkat suku bunga (r) yang sekaligus mencapai keseimbangan di kedua pasar:
  • Pasar barang: Di sini, perusahaan bersedia memproduksi sebanyak yang diminta konsumen.
  • Pasar uang: Di sini, pasar uang dalam keadaan seimbang, dengan jumlah uang yang ingin dibelanjakan orang sama dengan jumlah uang yang tersedia untuk dipinjam.

Kebijakan fiskal dan moneter dapat menggeser kurva IS dan LM, sehingga mempengaruhi tingkat output dan tingkat suku bunga:
  • Kebijakan fiskal ekspansif (seperti peningkatan pengeluaran pemerintah) mengeser kurva IS ke kanan, meningkatkan output dan menurunkan suku bunga.
  • Kebijakan moneter ekspansif (seperti penurunan suku bunga) mengeser kurva LM ke kanan, meningkatkan output dan menurunkan suku bunga.
  • Kebijakan fiskal kontraktif (seperti penurunan pengeluaran pemerintah) mengeser kurva IS ke kiri, menurunkan output dan meningkatkan suku bunga.
  • Kebijakan moneter kontraktif (seperti peningkatan suku bunga) mengeser kurva LM ke kiri, menurunkan output dan meningkatkan suku bunga.

Contoh:

Misalkan pemerintah ingin meningkatkan output dan menurunkan suku bunga. Pemerintah dapat melakukan kebijakan fiskal ekspansif, seperti meningkatkan pengeluaran infrastruktur. Hal ini akan mengeser kurva IS ke kanan, sehingga meningkatkan output dan menurunkan suku bunga.

Komentar