Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Anda menangani situasi di mana dampak bisnis dan risiko tidak sesuai dengan proyeksi awal atau ekspektasi?

Bagaimana Anda menangani situasi di mana dampak bisnis dan risiko tidak sesuai dengan proyeksi awal atau ekspektasi?

Jawaban:

Menemukan deviasi antara dampak bisnis dan risiko aktual dengan proyeksi awal merupakan situasi yang tidak terhindarkan dalam dunia proyek. Untuk mengatasinya, diperlukan langkah-langkah sistematis dan fleksibel yang memastikan kelancaran dan keberhasilan proyek.

Langkah pertama adalah mengidentifikasi dan menganalisis deviasi dengan mempelajari proyeksi awal, mengumpulkan data aktual, membandingkannya, dan menyelidiki penyebabnya. Selanjutnya, evaluasi dampak deviasi dengan menghitung dampak finansial dan non-finansial, menilai risiko, dan memprioritaskannya.

Langkah penting berikutnya adalah mengembangkan rencana mitigasi. Lakukan brainstorming solusi, evaluasi kelayakannya, pilih solusi terbaik, dan susun rencana aksi yang terperinci. Komunikasi yang terbuka dan transparan menjadi kunci dalam proses ini.

Implementasi dan pemantauan rencana aksi adalah langkah selanjutnya. Pantau kemajuan secara berkala, lakukan penyesuaian bila diperlukan, dan dokumentasikan seluruh proses untuk pembelajaran di masa depan.

Terakhir, jadikan deviasi sebagai peluang belajar. Identifikasi pelajaran berharga dan terapkan pembelajaran tersebut untuk mencegah atau meminimalkan deviasi di proyek-proyek selanjutnya.