Adaptasi yang dilakukan PT. Telkom termasuk adaptasi Internal atau Eksternal? Jelaskan!

Adaptasi yang dilakukan PT. Telkom termasuk adaptasi Internal atau Eksternal? Jelaskan!

Jawaban:

Adaptasi yang dilakukan PT. Telkom tidak hanya internal atau eksternal, melainkan kombinasi dari keduanya.

Penjelasannya:

PT. Telkom, sebagai raksasa telekomunikasi Indonesia, terus berbenah diri di era digital. Adaptasi menjadi kunci utama mereka dalam menghadapi perubahan internal dan eksternal.

Di ranah internal, Telkom merampingkan struktur organisasi, mentransformasi budaya kerja menjadi lebih agile dan inovatif, serta mengembangkan sumber daya manusia melalui pelatihan dan pengembangan.

Di ranah eksternal, Telkom sigap mengikuti perkembangan teknologi dengan berinvestasi dalam teknologi 5G, IoT, dan cloud computing. Mereka juga patuh terhadap regulasi dan beradaptasi dengan perubahannya, serta tak gentar menghadapi persaingan pasar dengan strategi kompetitif yang jitu.

Langkah-langkah strategis ini tak luput dari contoh nyata. Telkom meluncurkan layanan digital seperti IndiHome, PaDi UMKM, dan DigiPOS, membangun infrastruktur digital yang kokoh, dan menjalin kerjasama dengan raksasa teknologi global.

Hasilnya pun tak sia-sia. Adaptasi ini mengantarkan Telkom pada peningkatan pendapatan, laba, dan kepuasan pelanggan. Daya saing dan citra perusahaan pun semakin gemilang.

PT. Telkom telah menunjukkan komitmennya untuk terus beradaptasi dan berinovasi. Hal ini menjadikan mereka pemimpin di industri telekomunikasi Indonesia yang siap menyambut masa depan digital.

Komentar