Word of Mouth Marketing Kembali Tren! Begini Cara Jitu Memanfaatkannya untuk Brand Anda


Hai Brand Owners!

Pernahkah kamu mendengar tentang kembalinya popularitas Word of Mouth Marketing (WoM) di tahun 2024 ini? Fenomena ini bertepatan dengan maraknya influencer marketing. Pertanyaannya, apa yang menyebabkan kebangkitan WoM di era digital ini? Mari kita simak penjelasannya dalam artikel ini.

Apa itu Word of Mouth Marketing (WoM)?

Singkatnya, WoM adalah strategi marketing yang memanfaatkan perbincangan dan rekomendasi antar personal. Pesan yang disampaikan biasanya berasal dari pengalaman pribadi atau pengetahuan mereka tentang suatu produk, layanan, atau brand. Contohnya:
  1. "Wah, ada diskon besar di toko A!"
  2. "Kemarin aku ke tempat B dan ada kejadian lucu banget!"
  3. "Temanku C pakai produk D dan katanya bagus banget."

WoM merupakan salah satu strategi marketing tertua dan terbukti efektif karena terasa otentik dan terpercaya. Orang-orang lebih cenderung percaya rekomendasi dari orang terdekat mereka dibandingkan iklan biasa.

Kenapa WoM Marketing Bisa Comeback?

Dulu, WoM tergeser oleh berbagai strategi marketing lain seperti iklan online dan media sosial, seiring dengan perkembangan zaman.

Namun, kebangkitan influencer marketing dan affiliate marketing, yang berfokus pada konten otentik dan relatable berdasarkan pengalaman pribadi, membawa WoM kembali menjadi primadona.

Kata kunci dari kembalinya WoM adalah otentisitas. Di era digital ini, kita dapat merasa menjadi bagian dari komunitas online yang lebih luas. Hal ini membuat kita lebih mudah terhubung dengan konten otentik dan terpercaya yang dibuat oleh influencer dan affiliator.


Memanfaatkan Kekuatan Word of Mouth Marketing untuk Brand kamu

Word of Mouth (WoM) Marketing kembali menjadi strategi pemasaran yang populer di tahun 2024 ini. Hal ini dikarenakan tingginya kepercayaan konsumen terhadap rekomendasi dari orang lain dibandingkan iklan tradisional.

Bagi para Brand Owner, ini adalah kesempatan emas untuk memanfaatkan kekuatan WoM Marketing untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Ciptakan Konten Menarik dan Mengundang Partisipasi Audiens (User Generated Content - UGC)

Di era digital ini, konten adalah raja. Orang-orang menghabiskan banyak waktu mereka di media sosial dan platform online lainnya untuk mengkonsumsi konten. Oleh karena itu, UGC adalah salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan kekuatan Word of Mouth Marketing.

Bagaimana cara membuat campaign UGC yang menarik?

Kunci utama adalah memahami audiens kamu. Apa yang mereka sukai? Apa yang mereka minati? Buatlah konten yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Pilihlah platform media sosial atau platform online yang digunakan oleh audiens target kamu.

Buatlah tantangan atau lomba yang menarik dan berikan hadiah menarik untuk memicu partisipasi. Gunakan hashtag yang relevan untuk membantu orang-orang menemukan konten kamu. Promosikan campaign kamu melalui media sosial, email marketing, dan influencer marketing.

2. Manfaatkan Kekuatan Review dan Testimoni

Saat ini, dengan maraknya media sosial dan platform online, konsumen semakin cerdas dan kritis dalam memilih produk. Mereka tidak lagi mudah terpengaruh oleh iklan tradisional, melainkan lebih mempercayai rekomendasi dari orang lain. Oleh karena itu, review dan testimoni menjadi salah satu elemen penting dalam Word of Mouth Marketing.

Berdasarkan data iBooming, 79% GenZ dan Milenial percaya dengan testimoni dan review online dari produk dengan jumlah pembelian yang tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa testimoni dan review yang positif dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand Anda dan mendorong mereka untuk membeli produk Anda.

Kamu bisa melakukannya dengan mengumpulkan review dan testimoni dari pelanggan melalui email, website, atau media sosial. Pilihlah review dan testimoni yang positif dan otentik. Hindari menampilkan review yang terlalu berlebihan atau mencurigakan.

Tampilkan review dan testimoni di berbagai platform. Kamu bisa menampilkan review di website, media sosial, iklan, dan email marketing. Respon review dan testimoni dari pelanggan anda. Tunjukkan kepada pelanggan bahwa kamu menghargai feedback mereka.

3. Bangun Program Referral Resmi

Program referral adalah salah satu cara paling efektif untuk memanfaatkan kekuatan Word of Mouth Marketing dan mendapatkan pelanggan baru dengan mudah. Dalam program ini, kamu menawarkan reward atau keuntungan kepada pelanggan kamu yang merekomendasikan produk kamu kepada orang lain.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat program yang menarik, mudah dipahami, dan mudah diikuti. Pastikan kamu menentukan reward yang menarik, membuat panduan program yang jelas, menggunakan teknologi yang tepat, dan mempromosikan program referral anda dengan baik.

4. Jalin Kerjasama dengan Influencer

Influencer menjadi kekuatan yang tidak bisa diabaikan dalam dunia marketing. Mereka memiliki kemampuan untuk mempengaruhi keputusan pembelian jutaan orang di seluruh dunia.

Salah satu strategi Word of Mouth Marketing yang paling efektif adalah dengan menjalin kerjasama dengan influencer. Influencer ini dapat membantu kamu mempromosikan produk anda kepada audiens yang lebih luas dan meningkatkan kepercayaan terhadap brand kamu.

Namun, tidak semua influencer diciptakan sama. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu memilih influencer yang tepat untuk produk dan target audiens anda.

Nano dan micro influencer adalah pilihan yang tepat untuk kerjasama Word of Mouth Marketing. Mereka biasanya memiliki pengikut yang lebih kecil namun lebih terlibat dengan konten mereka. Hal ini membuat konten mereka terasa lebih otentik dan relatable bagi pengikutnya.

Kerjasama dengan nano dan micro influencer juga lebih hemat biaya dibandingkan dengan influencer dengan pengikut besar.

5. Terapkan Affiliate Marketing

Ingin menjangkau audiens yang lebih luas dan mendapatkan pelanggan baru dengan biaya yang rendah? Affiliate marketing adalah jawabannya!

Affiliate marketing adalah strategi Word of Mouth Marketing yang memungkinkan kamu untuk bekerjasama dengan individu atau bisnis (yang disebut "affiliate") untuk mempromosikan produk kamu. Affiliate akan mendapatkan komisi setiap kali mereka berhasil menjual produk kamu.

WoM Paling Mudah?

Nah, buat kalian para brand owner yang ingin memanfaatkan Word of Mouth Marketing, ada cara paling mudah untuk mendapatkan influencer yang tepat untuk brand anda. Daftarkan brand kamu di iBooming dan dapatkan bantuan dari AI iBooming untuk mencocokkan brand kamu dengan influencer ternama yang relevan dengan target audiens kamu. Produk anda akan dipromosikan oleh banyak influencer ternama dan kamu akan mendapatkan jangkauan yang luas serta target audiens yang tepat. Yuk, daftarin brand kamu di https://www.iboomingglobal.com/business.

Komentar