Pesan Apa yang Bisa Kalian Petik Dari Kisah Yeremia dan Lewi?

Pesan apa yang bisa kalian petik dari kisah kedua tokoh di atas (Yeremia dan Lewi?)

Jawaban:

Kisah Yeremia dan Lewi menunjukkan bahwa Tuhan melihat potensi dan kerelaan kita, bukan keterbatasan. Dia selalu memberikan kekuatan dan dukungan bagi mereka yang mau taat dan percaya kepadaNya, mendorong kita untuk tidak ragu dalam melayani Dia.

Penjelasannya:

Kisah Yeremia dan Lewi dalam bacaan ini memberikan pesan yang indah tentang bagaimana Tuhan memandang kita. Ada dua pelajaran utama yang bisa kita petik, yakni:

1. Tuhan melihat potensi dan kemauan kita, bukan keterbatasan

Yeremia, yang merasa tidak pandai berbicara, tetap dipilih Tuhan menjadi nabi (Yeremia 1:5). Lewi, seorang pemungut cukai yang dipandang negatif, diundang Yesus menjadi murid (Lukas 5:27). Kisah mereka menunjukkan bahwa Tuhan tidak terpaku pada kemampuan atau masa lalu kita. Dia justru melihat potensi yang bisa kita kembangkan dan kerelaan kita untuk belajar dan bertumbuh.

2. Tuhan selalu memberikan kekuatan dan dukungan

Ketika Yeremia merasa takut dan tidak percaya diri, Tuhan berjanji untuk menyertainya dan melepaskannya (Yeremia 1:7-8). Yesus tidak hanya memanggil Lewi, tetapi juga menerimanya apa adanya dan makan bersama dengannya (Lukas 5:29). Ini menunjukkan bahwa Tuhan selalu ada di sisi kita, memberikan kekuatan dan dukungan yang kita butuhkan dalam setiap langkah.

Jadi, kisah Yeremia dan Lewi mengajarkan bahwa Tuhan tidak melihat keterbatasan kita. Dia justru melihat potensi dan kemauan kita untuk taat dan percaya kepadaNya. Jangan pernah ragu untuk melayani Tuhan karena keterbatasanmu. Tuhan selalu membuka tangan bagi mereka yang mau belajar, bertumbuh, dan melayani Dia.

Komentar