Persamaan dan Perbedaan antara Membuat Peraturan dengan Membuat Keputusan dan Contoh Konkritnya dalam Pemerintahan

Pemerintah dalam upaya mensejahterakan masyarakatnya membutuhkan tindakan-tindakan yang bertujuan mengatur segala aspek yang berkaitan dengan kehidupan bernegara dan bermasyarakat dalam hukum modern. kegiatan utama pemerintah dalam menciptakan kesejahteraan (bestuurzorg) beberapa diantaranya adalah membuat peraturan dan membuat keputusan.

Diskusikan bersama apa persamaan dan perbedaan antara membuat peraturan dengan membuat keputusan, berikan contoh konkrit yang ada dalam pemerintahan.

Jawaban:

Pemerintah, dalam menjalankan tugasnya untuk mensejahterakan rakyat, memiliki dua kegiatan utama, yaitu membuat peraturan dan membuat keputusan. Meskipun memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan keteraturan dan mencapai tujuan bersama, kedua kegiatan ini memiliki beberapa perbedaan mendasar.

Baik peraturan maupun keputusan dibuat oleh otoritas pemerintah yang memiliki kewenangan untuk mengatur suatu hal. Keduanya juga memiliki tujuan untuk mengatur dan mengendalikan suatu hal dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, dan memiliki sifat mengikat, artinya wajib dipatuhi oleh pihak-pihak yang terkait.

Perbedaannya terletak pada sifat, tujuan, proses pembuatan, dan contoh konkretnya. Peraturan bersifat umum, abstrak, dan berkelanjutan, sedangkan keputusan bersifat individual, konkret, dan final. Peraturan bertujuan untuk menetapkan norma atau kaidah yang berlaku umum, sedangkan keputusan bertujuan untuk menyelesaikan masalah atau persoalan konkret.

Proses pembuatan peraturan formal dan melalui tahapan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan, sedangkan proses pembuatan keputusan informal dan dapat dilakukan dengan lebih fleksibel. Contoh peraturan adalah Undang-undang tentang Penjaminan Kesehatan Nasional dan Peraturan Pemerintah tentang Standar Nasional Pendidikan. Contoh keputusan adalah izin usaha bagi PT. XYZ dan SK Mendagri tentang Pembentukan Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Membuat peraturan dan membuat keputusan merupakan dua instrumen penting yang digunakan pemerintah untuk mencapai tujuannya dalam mensejahterakan rakyat. Meskipun memiliki persamaan dalam tujuan dan sifat mengikat, kedua kegiatan ini memiliki perbedaan mendasar dalam hal sifat, tujuan, proses pembuatan, dan contoh konkretnya. Pemahaman yang baik tentang perbedaan ini penting bagi pemerintah dalam memilih instrumen yang tepat untuk mencapai tujuannya.

Komentar