Pengampunan Seperti Apa yang Diajarkan Yesus?

Pengampunan seperti apa yang diajarkan Yesus?

Jawaban:

Pengampunan yang diajarkan Yesus adalah pengampunan yang tulus, penuh kasih, tanpa syarat, berkelanjutan, dan membebaskan.

Penjelasannya:

Dalam Bab 4 "Yesus Teladan Hidupku", kita diajak menyelami makna pengampunan yang sesungguhnya, melampaui batas memaafkan. Pengampunan yang diajarkan Yesus bukan sekadar basa-basi atau pura-pura, melainkan datang dari hati yang tulus dan penuh kasih. Kita didorong untuk benar-benar memaafkan kesalahan orang lain tanpa menyimpan dendam.

Yesus menekankan pengampunan tanpa syarat, terlepas dari permintaan maaf atau balasan atas kesalahan. Kita diajarkan untuk selalu siap mengampuni, bahkan berkali-kali, seperti yang dilambangkan dalam Matius 18:21-22 dengan "tujuh puluh kali tujuh kali".

Pengampunan bukan hanya untuk orang lain, tetapi juga untuk diri kita sendiri. Dengan mengampuni, kita membebaskan diri dari rasa sakit hati, kemarahan, dan kepahitan, membuka jalan menuju kehidupan yang lebih damai dan bahagia.

Yesus sendiri menunjukkan teladan pengampunan yang sempurna. Saat disalibkan, Dia berdoa kepada Allah Bapa untuk mengampuni orang-orang yang telah membunuh-Nya (Lukas 23:34). Di tengah penderitaan, Dia tetap penuh kasih dan belas kasihan, memaafkan mereka yang telah melakukan kesalahan besar.

Pengampunan yang diajarkan Yesus merupakan ajaran penting yang membawa banyak manfaat. Mari kita upayakan untuk mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, mengikuti teladan Yesus, dan merasakan kedamaian serta kebahagiaan yang sesungguhnya.

Komentar