Menurut Saudara, orientasi karyawan ini perlu dilakukan? Apa tujuan dan manfaat dari orientasi karyawan bagi perusahaan dan bagi karyawan itu sendiri?

Orientasi karyawan merupakan sebuah proses pengenalan yang disediakan oleh perusahaan untuk karyawan baru berupa informasi dan pemahaman terkait perusahaan beserta tujuannya.

Orientasi karyawan atau yang disebut juga dengan masa trial kerja ini di dalamnya menjelaskan berbagai informasi yang wajib diketahui oleh karyawan baru, seperti tujuan perusahaan, sejarah perusahaan, visi misi, kebijakan dan prosedur perusahaan, aturan perusahaan, kondisi sosial dan budaya perusahaan, serta manfaat yang dapat diperoleh karyawan tersebut setelah bergabung dengan perusahaan. 

Pertanyaan:

Menurut Saudara, orientasi karyawan ini perlu dilakukan?

Apa tujuan dan manfaat dari orientasi karyawan bagi perusahaan dan bagi karyawan itu sendiri? Silahkan saudara jelaskan!

Jawaban:

Ya, orientasi karyawan perlu dilakukan karena proses ini memberikan banyak manfaat bagi perusahaan dan karyawan.

Tujuan dan manfaatnya adalah:

Bagi perusahaan, orientasi dapat meningkatkan produktivitas, retensi karyawan, moral dan budaya perusahaan, serta mengurangi risiko. Bagi karyawan, orientasi dapat membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan kerja baru dengan lebih cepat, meningkatkan kepuasan kerja, dan meningkatkan peluang untuk sukses.

Penjelasannya:

Orientasi karyawan, atau onboarding, merupakan proses penting dalam memperkenalkan karyawan baru kepada perusahaan dan membantunya beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Proses ini memberikan manfaat holistik bagi perusahaan dan karyawan, meningkatkan produktivitas, retensi, moral, dan budaya perusahaan, serta mengurangi risiko.

Bagi perusahaan, orientasi karyawan yang efektif menghasilkan karyawan yang terlatih dengan baik dan berkontribusi lebih cepat. Karyawan yang merasa diterima dan dihargai lebih cenderung bertahan, meningkatkan moral dan budaya perusahaan, dan menghasilkan peningkatan produktivitas, retensi karyawan, dan kepuasan pelanggan. Orientasi yang baik juga membantu mengurangi risiko kecelakaan, cedera, dan masalah hukum dengan memberikan pelatihan tentang kebijakan dan prosedur keselamatan perusahaan.

Karyawan yang mengikuti orientasi yang baik juga mendapatkan keuntungan. Mereka dapat beradaptasi lebih cepat dengan lingkungan kerja baru, merasa lebih nyaman dan percaya diri dalam peran mereka, dan lebih puas dengan pekerjaan mereka. Orientasi yang efektif membantu karyawan baru mencapai tujuan mereka dan berkontribusi pada perusahaan dengan memberikan pelatihan dan sumber daya yang mereka butuhkan.

Komentar