Menurut Kalian Apa Pemahaman Remaja Itu Tentang Kebebasan?

Menurut kalian apa pemahaman remaja itu tentang kebebasan?

Jawaban:

Menurut saya, pemahaman remaja itu tentang kebebasan adalah keliru, yaitu kebebasan tanpa batasan dan aturan, yang baginya seperti penjara yang merampas kemerdekaannya.

Pengalaman dengan pastor di mobil membantunya memahami bahwa kebebasan sejati harus diiringi tanggung jawab dan kesadaran akan konsekuensi dari tindakannya.

Penjelasannya:

Dalam cerita "Rambu-rambu Lalu Lintas", digambarkan seorang remaja yang memiliki pemahaman keliru tentang kebebasan. Ia menganggap kebebasan sebagai terbebas dari segala aturan, bagaikan hidup tanpa batas dan tanpa batasan. Pandangan ini keliru karena kebebasan yang sesungguhnya bukan berarti bebas dari aturan. Aturan dibuat untuk melindungi dan menuntun manusia agar hidup dengan tertib dan teratur. Tanpa aturan, akan terjadi kekacauan dan bahaya.

Kebebasan yang sejati adalah kebebasan yang bertanggung jawab. Kita bebas untuk melakukan apa yang kita inginkan, selama tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Aturan membantu kita untuk belajar dan berkembang, dengan mengikuti aturan, kita belajar disiplin, mengendalikan diri, dan menghormati orang lain. Hal ini penting untuk mencapai kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup.

Remaja dalam cerita ini belum memahami makna kebebasan yang sesungguhnya. Ia baru memahami bahwa kebebasan sejati harus diiringi dengan tanggung jawab dan kesadaran akan konsekuensi dari tindakannya. Pengalaman dengan pastor di mobil membantunya untuk memahami bahwa aturan bukan untuk membatasi kebebasan, tetapi untuk menuntunnya ke arah yang benar. Ia pun menyadari bahwa tanpa aturan, ia tidak akan bisa mencapai tujuannya, yaitu menonton pertandingan sepak bola.

Cerita ini memberikan pelajaran berharga bagi remaja dan orang tua. Remaja perlu diajarkan tentang makna kebebasan yang sesungguhnya, yaitu kebebasan yang bertanggung jawab dan disertai dengan kesadaran akan konsekuensi dari tindakannya. Orang tua perlu bersabar dan terus membimbing remaja agar mereka memahami nilai-nilai penting dalam hidup, termasuk arti kebebasan yang sesungguhnya.

Komentar