Lagu dari Sabang Sampai Merauke Mau Menggambarkan tentang Apa?

Lagu dari Sabang sampai Merauke mau menggambarkan tentang apa?

Jawaban:

Lagu "Dari Sabang sampai Merauke" mau menggambarkan tentang keberagaman Indonesia yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke, dengan berbagai pulau dan suku bangsa yang berbeda-beda, namun tetap bersatu sebagai satu bangsa Indonesia.

Penjelasannya:

Lagu "Dari Sabang sampai Merauke" ciptaan R. Suharjo merupakan sebuah lagu nasional yang sarat makna. Lagu ini melukiskan Indonesia dengan detail yang indah, mulai dari keberagamannya yang luar biasa hingga persatuannya yang kokoh.

Keberagaman Indonesia digambarkan melalui lirik "Dari Sabang sampai Merauke" yang secara simbolis menunjukkan wilayah Indonesia yang sangat luas, membentang dari ujung barat (Sabang) hingga ujung timur (Merauke). Lirik "berjajar pulau-pulau" menegaskan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan dengan ribuan pulau yang memiliki keragaman budaya, suku bangsa, dan agama.

Kesatuan Indonesia terpancar jelas dalam lirik "sambung menyambung menjadi satu". Meskipun Indonesia memiliki banyak pulau dan keragaman, namun tetap bersatu sebagai satu bangsa. Semangat nasionalisme pun dikobarkan melalui lirik "Indonesia tanah airku" yang menegaskan rasa cinta tanah air dan identitas sebagai bangsa Indonesia.

Janji untuk menjaga Indonesia terukir dalam lirik "aku berjanji padamu, menjunjung tanah airku". Pengabdian dan komitmen untuk menjaga dan memajukan Indonesia terpancar jelas dari lirik ini. Semangat patriotisme pun semakin dikobarkan melalui lirik "tanah airku, tanah airku Indonesia" yang menegaskan rasa cinta dan kesetiaan kepada tanah air Indonesia.

Komentar