Kasih Seperti Apakah yang Dikehendaki oleh Yesus Berdasar Lukas 6:27-37?

Kasih seperti apakah yang dikehendaki oleh Yesus berdasar Lukas 6:27-37?

Jawaban:

Kasih yang dikehendaki Yesus dalam Lukas 6:27-37 adalah kasih agape, kasih tanpa pamrih, tanpa syarat, dan tanpa batas, yang ditunjukkan dengan mengasihi musuh, berbuat baik kepada mereka yang membenci, dan memaafkan.

Penjelasannya:

Yesus, dalam Lukas 6:27-37, mengajak kita melampaui batas kasih yang biasa kita pahami. Ia menyerukan kasih agape, sebuah kasih yang tanpa pamrih, tanpa syarat, dan tanpa batas. Kasih ini bukan sekadar perasaan hangat atau kasih sayang kepada orang-orang yang kita sukai.

Kasih agape ini mewajibkan kita untuk mengasihi musuh, memperlakukan mereka dengan hormat dan kebaikan, meskipun mereka tidak kita sukai. Kita didorong untuk berbuat baik kepada mereka yang membenci, menunjukkan kebaikan dengan memberi mereka makanan, tempat tinggal, mendoakan, dan memaafkan mereka. Bahkan, kita harus memberkati mereka yang mengutuk, menunjukkan kasih yang tulus dan keinginan mereka mengenal Allah.

Kasih agape juga mendorong kita untuk memberi kepada yang meminta, menunjukkan kemurahan hati dengan harta benda kita, bukan berarti memberikan semua yang kita miliki, tetapi bersedia berbagi. Kita dilarang menghakimi atau menghukum orang lain, karena Allah akan menghakimi kita dengan cara yang sama. Fokuslah pada memperbaiki diri sendiri.

Syarat utama untuk menerima pengampunan Allah atas dosa-dosa kita adalah dengan mengampuni orang yang telah berbuat salah kepada kita. Kita harus murah hati seperti Bapa, meniru kemurahan hati Allah yang diberikan kepada semua orang, bahkan kepada yang tidak layak. Upayakanlah untuk murah hati dalam segala aspek kehidupan.

Mempelajari dan menerapkan kasih agape adalah proses yang berkelanjutan. Kita akan selalu dihadapkan pada situasi yang menantang kesabaran dan kasih sayang kita. Namun, dengan tekad dan bantuan dari Allah, kita dapat bertumbuh dalam kasih agape dan menjadi terang bagi dunia yang membutuhkan.

Komentar