Jelaskan Perbedaan Pokok Kerajaan Dunia dan Kerajaan Allah Berdasarkan Injil

Jelaskan perbedaan pokok kerajaan dunia dan Kerajaan Allah berdasarkan Injil! (Matius 5:43-44; Lukas 6: 27-28)

Jawaban:

Perbedaan pokok kerajaan dunia dan kerajaan Allah berdasarkan injil adalah terletak pada konsep kasih. Kerajaan dunia didasarkan pada kasih bersyarat, di mana kita hanya mencintai mereka yang mencintai kita. Sedangkan Kerajaan Allah didasarkan pada kasih tanpa syarat, di mana kita diajarkan untuk mengasihi bahkan musuh kita.

Penjelasannya:

Injil Matius dan Lukas, melalui perkataan Yesus, menjelaskan perbedaan mendasar antara kerajaan dunia dan Kerajaan Allah.  Kunci perbedaannya terletak pada konsep kasih. Di kerajaan dunia, kasih bersifat bersyarat. Kita cenderung berteman dan baik kepada mereka yang baik kepada kita, sementara bersikap dingin atau membenci mereka yang memusuhi kita (Matius 5:43).

Yesus, bagaimanapun, mengajarkan kasih yang revolusioner. Kerajaan Allah didasarkan pada kasih tanpa syarat. Kita diajarkan untuk "mengasihi musuh" dan "berbuat baik kepada orang yang membenci kita" (Matius 5:44, Lukas 6:27-28). Kerajaan Allah tidak mencari balas dendam atau keuntungan pribadi, melainkan kasih yang melampaui batas.

Motivasi kasih di kerajaan dunia didorong oleh kepentingan diri sendiri. Kita baik karena kita mengharapkan kebaikan kembali. Sebaliknya, Kerajaan Allah digerakkan oleh kasih Allah yang tanpa syarat. Kita mengasihi karena Allah telah terlebih dahulu mengasihi kita (1 Yohanes 4:19). Mengasihi musuh memang sulit, tetapi dengan berusaha melakukannya, hati kita diubahkan. Kita bisa menjadi pembawa damai dan teladan kasih Kristus.

Komentar