Jelaskan Mengapa Tahapan Rumusan Masalah Sangat Penting dalam Konstruksi Scenario

Jelaskan mengapa tahapan rumusan masalah sangat penting dalam konstruksi scenario!

Jawaban:

Membuat skenario yang matang dan bermanfaat bagaikan membangun sebuah gedung yang kokoh. Sama seperti fondasi yang menopang kokohnya bangunan, rumusan masalah menjadi landasan penting dalam konstruksi skenario. Rumusan masalah yang jelas dan terarah bagaikan kompas yang menuntun arah pembuatan skenario, sehingga tidak tersesat dan fokus pada tujuannya.

Skenario yang baik bukan hanya menceritakan sebuah cerita, tetapi juga memberikan solusi atau alternatif pemecahan masalah. Rumusan masalah yang tepat membantu mengidentifikasi inti persoalan yang ingin dibahas dan dicari solusinya. Hal ini menjadi dasar bagi analisis data dan informasi yang akan digunakan dalam skenario, sehingga data dan informasi yang relevan dapat dikumpulkan dan dianalisis secara lebih terarah.

Skenario yang dihasilkan dari rumusan masalah yang baik akan lebih relevan dengan kebutuhan dan konteks yang ada, sehingga lebih bermanfaat dalam memberikan gambaran tentang masa depan dan membantu pengambilan keputusan. Rumusan masalah yang jelas dan mudah dipahami juga akan membantu dalam komunikasi dengan pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan skenario, sehingga terjalin kerjasama dan pemahaman yang sama tentang tujuan skenario.

Sebagai contoh, bayangkan Anda ingin membuat skenario tentang dampak perubahan iklim terhadap sektor pertanian di Indonesia. Rumusan masalah yang tepat dapat berupa: "Bagaimana perubahan iklim akan memengaruhi hasil panen padi di Indonesia dalam 10 tahun ke depan?" dan "Apa saja strategi yang dapat diterapkan oleh petani untuk beradaptasi dengan perubahan iklim dan menjaga ketahanan pangan?".

Dengan rumusan masalah yang jelas, Anda dapat mengumpulkan data dan informasi yang relevan tentang perubahan iklim, dampaknya terhadap sektor pertanian, dan strategi adaptasi yang dapat diterapkan. Skenario yang dihasilkan pun akan lebih bermanfaat dalam membantu pemerintah, petani, dan pemangku kepentingan lainnya dalam mempersiapkan diri menghadapi dampak perubahan iklim.

Komentar