Jelaskan Makna Keluarga Menurut Injil Lukas 2:41-52

Jelaskan makna keluarga menurut Injil Lukas 2:41-52!

Jawaban:

Makna keluarga menurut Injil Lukas 2:41-52 adalah sebuah komunitas yang didasari oleh komitmen dan kesetiaan dalam menjalankan ibadah, kasih dan kepedulian antar anggota keluarga, ketaatan anak kepada orang tua, komunikasi dan saling menghormati, serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, baik secara fisik, mental, maupun spiritual.

Penjelasannya:

Injil Lukas 2:41-52 menceritakan kisah Yesus yang tertinggal di Yerusalem saat usianya 12 tahun. Kisah ini memberikan gambaran tentang makna keluarga yang ideal.

Keluarga Yesus menunjukkan komitmen dan kesetiaan dalam menjalankan ibadah dengan pergi ke Yerusalem setiap tahun pada hari raya Paskah. Hal ini menunjukkan pentingnya ibadah dalam membangun fondasi keluarga yang kokoh.

Ketika Yesus tertinggal, Maria dan Yusuf menunjukkan kasih dan kepedulian mereka dengan mencarinya dengan cemas selama tiga hari. Kasih dan kepedulian antar anggota keluarga merupakan pilar penting dalam membangun hubungan yang kuat dan harmonis.

Meskipun Yesus mengetahui bahwa Dia harus berada di rumah Bapa-Nya, Dia tetap pulang bersama Maria dan Yusuf ke Nazaret dan hidup dalam asuhan mereka. Ketaatan Yesus kepada orang tua-Nya menunjukkan pentingnya nilai hormat dan kepatuhan dalam keluarga.

Meskipun Maria dan Yusuf tidak mengerti apa yang Yesus katakan tentang "rumah Bapa-Nya", mereka tetap menghormatinya. Komunikasi yang terbuka dan saling menghormati antar anggota keluarga menjadi kunci terciptanya suasana yang kondusif dan penuh kasih.

Lukas 2:52 menceritakan bahwa Yesus "makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia". Hal ini menunjukkan bahwa keluarga memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, baik secara fisik, mental, maupun spiritual.

Komentar