Jelaskan Makna Damai Dalam Injil Yohanes 16:33 dan Injil Matius 5:39

Jelaskan makna damai dalam injil Yohanes 16:33 dan Injil Matius 5:39!

Jawaban:

Makna damai dalam Injil Yohanes 16:33 dan Injil Matius 5:39 adalah ketenangan batin yang diperoleh melalui hubungan dengan Yesus dan diwujudkan dengan tidak membalas kejahatan dan berusaha meredakan konflik.

Penjelasannya:

Kedua Injil, Yohanes 16:33 dan Matius 5:39, berbicara tentang damai, meskipun dengan penekanan yang berbeda.

Yohanes 16:33

Yesus berjanji kepada murid-muridNya bahwa mereka akan mendapatkan damai sejahtera, bukan karena keadaan dunia yang nyaman, tetapi karena hubungan mereka dengan Yesus. Meskipun mereka akan menghadapi tantangan dan penganiayaan, mereka akan memiliki ketenangan batin karena percaya kepada Yesus. Damai ini digambarkan seperti jangkar yang membuat kapal tetap stabil meskipun diterpa badai.

Matius 5:39

Yesus mengajarkan untuk tidak membalas kejahatan dengan kejahatan. Ketika ditampar di pipi kanan, kita diminta untuk menawarkan pipi kiri. Ini bukan berarti kita membiarkan diri dilukai terus menerus, tetapi lebih kepada upaya untuk memutus lingkaran kekerasan. Dengan cara ini, kita dapat meredakan situasi dan mungkin saja orang yang menampar kita tersadar akan kesalahannya. Injil ini mengajarkan kita untuk mencari damai secara proaktif.

Sebagai orang Katolik, kita dipanggil untuk hidup damai. Kita berusaha mencari ketenangan batin melalui hubungan dengan Tuhan dan berupaya mewujudkan damai dalam kehidupan sehari-hari.

Komentar