Jelaskan Apa Makna Gereja Hadir Dalam Sejarah Dunia Pun Untuk Melanjutkan Perutusan Yesus Yakni: “Mewartakan Kabar Baik Bagi Kaum Miskin Membebaskan yang Tertawan dan Menyembuhkan Yang Terluka”

Jelaskan apa makna Gereja hadir dalam sejarah dunia pun untuk melanjutkan perutusan Yesus yakni: “mewartakan kabar baik bagi kaum miskin membebaskan yang tertawan dan menyembuhkan yang terluka”! (bdk. Luk 4:19-19; Yes. 61:1-2)

Jawaban:

Makna Gereja hadir dalam sejarah dunia pun untuk melanjutkan perutusan Yesus yakni: “mewartakan kabar baik bagi kaum miskin membebaskan yang tertawan dan menyembuhkan yang terluka” adalah mewujudkan Kerajaan Allah di bumi dengan memperjuangkan keadilan, perdamaian, dan kesejahteraan bagi semua orang, terutama bagi mereka yang miskin, tertindas, dan terluka.

Penjelasannya:

Gereja hadir dalam sejarah dunia untuk melanjutkan perutusan Yesus Kristus, yaitu: "Mewartakan kabar baik bagi kaum miskin, membebaskan yang tertawan dan menyembuhkan yang terluka" (bdk. Luk 4:19-19; Yes. 61:1-2). Pernyataan ini menegaskan bahwa peran Gereja tidak hanya terbatas pada hal-hal rohani, tetapi juga aktif dalam berbagai aspek kehidupan manusia, terutama dalam memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan bagi semua orang.

Mewartakan kabar baik bagi kaum miskin berarti Gereja memiliki tugas untuk menyebarkan berita sukacita dan harapan kepada mereka yang mengalami kesulitan dan kekurangan. Hal ini diwujudkan melalui berbagai aksi nyata, seperti: memberikan bantuan kepada orang miskin dan membutuhkan, melakukan advokasi dan edukasi untuk memperjuangkan hak-hak mereka, serta menciptakan lapangan kerja dan peluang ekonomi bagi mereka yang termarginalisasi.

Membebaskan yang tertawan berarti Gereja memiliki misi untuk membebaskan manusia dari berbagai bentuk penindasan dan ketidakadilan. Hal ini dilakukan dengan melawan segala bentuk diskriminasi dan prasangka, mempromosikan perdamaian dan dialog antarumat beragama, serta memperjuangkan hak asasi manusia dan keadilan sosial.

Menyembuhkan yang terluka berarti Gereja hadir untuk membawa pemulihan dan kedamaian bagi mereka yang terluka secara fisik, emosional, dan spiritual. Hal ini diwujudkan dengan memberikan pelayanan pastoral dan konseling kepada mereka yang membutuhkan, membangun komunitas yang inklusif dan penuh kasih, serta mendukung upaya penyembuhan dan pemulihan bagi korban trauma dan tragedi.

Jadi, kehadiran Gereja dalam sejarah dunia bukan hanya untuk mengurus hal-hal rohani, tetapi juga untuk terlibat aktif dalam mewujudkan Kerajaan Allah di bumi. Gereja memiliki tanggung jawab untuk memperjuangkan keadilan, perdamaian, dan kesejahteraan bagi semua orang, terutama bagi mereka yang miskin, tertindas, dan terluka. Dengan demikian, Gereja menjadi tanda kasih Allah di dunia dan pembawa terang bagi mereka yang hidup dalam kegelapan.

Komentar