Diskusikan objek penelitian dalam beberapa disiplin ilmu sosial (ilmu politik, antropologi, sosiologi, psikologi, ilmu komunikasi). Ambillah contoh permasalahan penelitian yang ada disekitar anda, kemudian tentukan jenis pendekatan penelitian apa yang seharusnya dipilih, dan jelaskan alasan menggunakan pendekatan tersebut.


Forum diskusi ini membahas tentang Ragam Pendekatan Penelitian

Diskusikan objek penelitian dalam beberapa disiplin ilmu sosial (ilmu politik, antropologi, sosiologi, psikologi, ilmu komunikasi). Ambillah contoh permasalahan penelitian yang ada disekitar anda, kemudian tentukan jenis pendekatan penelitian apa yang seharusnya dipilih, dan jelaskan alasan menggunakan  pendekatan tersebut.

Jawaban:

Ilmu sosial memiliki objek penelitian yang sangat beragam, tergantung pada disiplin ilmu yang diteliti. Berikut beberapa contohnya:

1. Ilmu Politik

Mempelajari perilaku politik, kebijakan publik, sistem pemerintahan, dan hubungan internasional. Contoh permasalahannya seperti pengaruh media sosial terhadap partisipasi politik, faktor penyebab korupsi di Indonesia, dan efektivitas kebijakan penanggulangan kemiskinan.

2. Antropologi

Mengkaji budaya, masyarakat, tradisi, dan adat istiadat. Contoh permasalahannya seperti pengaruh globalisasi terhadap budaya lokal, sistem kekerabatan dan struktur sosial masyarakat Suku Batak, dan makna ritual dan simbol dalam budaya Hindu di Bali.

3. Sosiologi

Membahas struktur sosial, interaksi sosial, stratifikasi sosial, dan perubahan sosial. Contoh permasalahannya seperti pengaruh urbanisasi terhadap struktur sosial masyarakat kota besar, interaksi sosial antar kelompok etnis berbeda, dan dampak globalisasi terhadap stratifikasi sosial di Indonesia.

4. Psikologi

Mempelajari proses mental, perilaku, kepribadian, dan interaksi individu dengan lingkungannya. Contoh permasalahannya seperti pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan anak, faktor penyebab stres di kalangan mahasiswa, dan cara meningkatkan motivasi belajar siswa.

5. Ilmu Komunikasi

Menganalisis proses komunikasi, media massa, budaya media, dan efek media. Contoh permasalahannya seperti pengaruh media sosial terhadap citra diri remaja, efektivitas kampanye komunikasi publik terkait COVID-19, dan peran media massa dalam membangun opini publik.

Pemilihan Pendekatan Penelitian

Pendekatan penelitian yang tepat untuk suatu permasalahan penelitian bergantung pada beberapa faktor, seperti:
Jenis pertanyaan penelitian. Apakah deskriptif, eksploratif, atau hipotesis?
Sifat data yang ingin dikumpulkan. Apakah kuantitatif atau kualitatif?
Tujuan penelitian. Apakah untuk memahami fenomena, menjelaskan hubungan antar variabel, atau menguji hipotesis?

Berikut beberapa contoh pemilihan pendekatan penelitian:
  • Pengaruh media sosial terhadap partisipasi politik: Pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mengukur pengaruh media sosial dan data kuantitatif (jumlah partisipasi politik).
  • Sistem kekerabatan dan struktur sosial masyarakat Suku Batak: Pendekatan kualitatif dengan metode etnografi untuk memahami secara mendalam dan data kualitatif (deskripsi budaya dan perilaku).
  • Dampak globalisasi terhadap stratifikasi sosial di Indonesia: Pendekatan campuran (mixed-methods) dengan kombinasi metode survei dan wawancara mendalam untuk mengukur stratifikasi sosial (data kuantitatif) dan memahami pengalaman dan perspektif individu (data kualitatif).

Pemilihan pendekatan penelitian harus didasarkan pada pertimbangan matang dan sesuai dengan tujuan penelitian.

Comments