Bu Esther ingin membagi muridnya dalam kelompok sehingga ia dapat melakukan pembelajran berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan dan minat muridnya. Ternyata Bu esther tetap kesulitan karena semua murid tetap bertanya padanya dan proses belajar masih berpusat pada guru. Apa yang dapat Bu Esther lakukan?

Bu esther ingin membagi muridnya dalam kelompok sehingga ia dapat melakukan pembelajran berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan dan minat muridnya. Ternyata bu esther tetap kesulitan karena semua murid tetap bertanya padanya dan proses belajar masih berpusat pada guru. Apa yang dapat bu esther lakukan?

Jawaban:

Bu Esther ingin menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelasnya untuk memenuhi kebutuhan dan minat muridnya. Namun, dia mengalami kesulitan karena murid-muridnya tetap bertanya padanya dan proses belajar masih berpusat pada guru.

Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran berdiferensiasi, Bu Esther perlu memperkuat pemahamannya tentang konsep dan prinsip-prinsip pembelajaran berdiferensiasi, serta meningkatkan keterampilan membangun kemandirian murid.

Dia juga perlu membangun lingkungan belajar yang aman dan suportif, menyediakan berbagai sumber belajar, dan melakukan penilaian berkelanjutan untuk memantau kemajuan belajar murid.

Selain itu, Bu Esther perlu berkolaborasi dengan orang tua dan kolega untuk mendapatkan dukungan dan berbagi pengalaman dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.

Penerapan pembelajaran berdiferensiasi membutuhkan waktu, usaha, dan dedikasi. Bu Esther perlu beradaptasi dan menyesuaikan strateginya berdasarkan kebutuhan dan minat murid-muridnya.

Dengan langkah-langkah di atas, Bu Esther dapat membantu murid-muridnya mencapai potensi belajar mereka secara maksimal.

Komentar