Bagaimana Pendapat Petrus Tentang Memberi Pengampunan?

Bagaimana pendapat Petrus tentang memberi pengampunan?

Jawaban:

Pendapat Petrus tentang memberi pengampunan adalah terbatas, dia masih terikat pada batas dan belum memahami sepenuhnya ajaran Yesus tentang pengampunan tanpa batas.

Penjelasannya:

Dalam Matius 18:21-35, terungkap bahwa Petrus memiliki pemahaman yang terbatas tentang pengampunan. Pertanyaannya kepada Yesus tentang berapa kali seseorang harus mengampuni orang lain yang berdosa menunjukkan bahwa dia masih terikat pada batas dan belum sepenuhnya memahami ajaran Yesus tentang pengampunan tanpa batas.

Petrus mungkin beranggapan bahwa ada batas tertentu untuk pengampunan, dan setelah seseorang berdosa berkali-kali, dia tidak perlu lagi diampuni. Anggapan ini menunjukkan bahwa Petrus belum memahami kasih Allah yang tak terhingga dan kemurahan hati-Nya dalam mengampuni dosa manusia.

Yesus kemudian meluruskan pemahaman Petrus yang keliru ini dengan memberikan perumpamaan tentang seorang raja dan hambanya yang berhutang. Perumpamaan ini dengan jelas menunjukkan bahwa kita tidak berhak untuk menolak pengampunan kepada orang lain setelah kita sendiri telah diampuni oleh Allah. Yesus menekankan bahwa pengampunan haruslah tak terbatas, seperti kasih Allah yang tak terhingga.

Melalui perumpamaan ini, Yesus mengoreksi pemahaman Petrus tentang pengampunan dan mengajarkan bahwa kita harus selalu berusaha mengampuni orang lain, bahkan ketika itu sulit. Jika kita tidak mau mengampuni orang lain, Allah juga tidak akan mengampuni kita.

Komentar