Arti Kata "Modom" dalam Bahasa Batak lengkap dengan Makna dan Contoh Kalimatnya


Kata "modom" merupakan salah satu kata dalam bahasa Batak Toba yang memiliki arti "tidur". Kata ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari maupun dalam kalimat formal. Pemahaman yang tepat tentang kata "modom" beserta contoh penggunaannya dalam kalimat akan membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Batak.

Makna Kata "Modom":
  • Tidur: Arti utama kata "modom" adalah "tidur". Kata ini merujuk pada keadaan di mana seseorang tidak sadar dan tidak responsif terhadap rangsangan eksternal.
  • Istirahat: Kata "modom" juga dapat diartikan sebagai "istirahat". Istirahat merujuk pada periode di mana seseorang berhenti dari aktivitas untuk memulihkan energi dan kesegaran tubuh.
  • Berbaring: Dalam beberapa konteks, kata "modom" dapat pula diartikan sebagai "berbaring". Hal ini merujuk pada posisi tubuh seseorang yang terlentang dan tidak bergerak.

Contoh Kalimat dengan Kata "Modom":
  • Beta hita modom (Ayo kita tidur) - Kalimat ini mengajak seseorang untuk tidur bersama.
  • Jam piga ibana modom? (Jam/pukul berapa dia tidur?) - Kalimat ini menanyakan waktu tidur seseorang.
  • Unang holan na modom karejom (Jangan tidur saja kerjamu) - Kalimat ini mengingatkan seseorang untuk tidak hanya tidur, tetapi juga bekerja.

Kesimpulan

Kata "modom" merupakan kata penting dalam bahasa Batak Toba yang memiliki makna "tidur", "istirahat", dan "berbaring". Pemahaman yang tepat tentang kata ini beserta contoh penggunaannya dalam kalimat akan membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Batak.

Comments