Arti kata abad keemasan dan Contoh Kalimatnya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti “abad keemasan” adalah masa kegemilangan dan kejayaan yang dialami suatu bangsa atau negara dalam sejarahnya; zaman keemasan.

Contoh kalimat dengan kata "abad keemasan":
  • Para ilmuwan bercita-cita membawa dunia sains kembali ke abad keemasannya, di mana terobosan baru ditemukan nyaris setiap hari.
  • Pameran lukisan ini menampilkan karya-karya maestro dari abad keemasan seni lukis Italia, yang pesonanya tak lekang oleh waktu.
  • Tim sepak bola nasional berjuang untuk mengembalikan kejayaan mereka dan mengantar negara menuju abad keemasan olahraga sekali lagi.
  • Banyak yang berpendapat bahwa era digital telah membuat minat baca menurun. Namun, beberapa penulis muda berbakat mampu membuat karya yang menarik, sehingga harapan untuk memasuki abad keemasan sastra Indonesia kembali muncul.
  • Konser musik ini akan membawakan lagu-lagu legendaris dari abad keemasan musik rock, mengajak penonton bernostalgia dengan era kejayaannya.

Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa pengertian abad keemasan adalah masa kegemilangan dan kejayaan yang dialami suatu bangsa atau negara dalam sejarahnya, di mana berbagai bidang, seperti sains, seni, sastra, dan olahraga mencapai puncak kejayaannya. Masa ini sering ditandai dengan pencapaian-pencapaian luar biasa, stabilitas politik dan ekonomi, serta kemajuan pesat di berbagai bidang kehidupan.

Istilah "abad keemasan" dapat digunakan untuk berbagai bidang dan konteks, dan definisi pastinya bisa berbeda-beda tergantung pada fokusnya. Namun, secara umum, abad keemasan selalu merujuk pada periode kejayaan dan pencapaian luar biasa yang menjadi kebanggaan bagi suatu bangsa atau negara.

Komentar