Apa yang Menjadi Pengikat Persekutuan dalam Keluarga?


Apa yang menjadi pengikat persekutuan dalam keluarga?

Jawaban:

Yang menjadi pengikat persekutuan dalam keluarga adalah kasih yang tulus, yaitu rasa sayang yang diwujudkan dalam tindakan saling mengasihi, mendukung, dan pengertian antar anggota keluarga.

Penjelasannya:

Familiaris Consortio 18 menegaskan bahwa kasih merupakan pengikat utama dalam keluarga. Kasih ini bukan sekadar perasaan sayang, tetapi terwujud dalam tindakan nyata seperti saling mengasihi, mengayomi, dan mendukung antar anggota keluarga.

Kasih ini diwujudkan melalui berbagai cara, seperti saling pengertian, komunikasi yang terbuka, saling membantu, menghabiskan waktu bersama, saling memaafkan, dan berdoa bersama. Kasih yang tulus dan nyata ini akan membangun hubungan yang kuat dan kokoh antar anggota keluarga, sehingga mereka mampu menghadapi berbagai tantangan dan rintangan bersama-sama.

Keluarga bukan hanya kumpulan individu, melainkan persekutuan yang terjalin erat antara pribadi-pribadi. Tugas utama keluarga adalah menghayati kenyataan persekutuan ini dan mengembangkan rukun hidup yang autentik, di mana saling menghormati, menghargai, dan mengasihi menjadi landasannya.

Comments