Apa Tujuan Yesus Menyampaikan Sabda Bahagia Ini?

Apa tujuan Yesus menyampaikan sabda bahagia ini?

Jawaban:

Tujuan Yesus menyampaikan sabda bahagia (Matius 5: 1-12) ini adalah untuk menjelaskan kembali kebahagiaan sejati dan memberikan panduan hidup bagi para pengikut-Nya agar hidup sesuai kehendak Allah dan mencapai kemuliaan di Kerajaan Surga.

Penjelasannya:

Yesus menyampaikan Sabda Bahagia (Matius 5: 1-12) dengan beberapa tujuan utama. Pertama, Dia ingin mendefinisikan ulang kebahagiaan sejati yang berbeda dari standar duniawi. Kebahagiaan sejati menurut Yesus tidak terletak pada kekayaan, harta benda, atau popularitas, melainkan pada kedekatan dengan Allah dan hidup sesuai dengan kehendak-Nya.

Kedua, Sabda Bahagia berfungsi sebagai panduan bagi para pengikut Yesus dalam menjalani hidup. Delapan kebahagiaan tersebut menunjukkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang harus dipegang teguh oleh orang Kristen dalam kehidupan sehari-hari.

Ketiga, Yesus ingin mengubah pola pikir para pendengar-Nya yang terpaku pada kebahagiaan duniawi. Melalui Sabda Bahagia, Dia mengajak mereka untuk mengalihkan fokus ke hal-hal rohani dan nilai-nilai Kerajaan Allah yang kekal.

Keempat, Sabda Bahagia memberikan harapan dan motivasi bagi mereka yang tertindas, menderita, dan tersingkirkan. Yesus meyakinkan mereka bahwa kebahagiaan sejati menanti di dalam Kerajaan Surga, dan mereka yang hidup sesuai dengan kehendak-Nya akan mendapatkan penghiburan dan kemuliaan.

Kelima, Sabda Bahagia menjadi landasan bagi pembentukan komunitas Kristen yang berbeda dari dunia. Komunitas ini menjunjung tinggi nilai-nilai seperti kemiskinan rohani, kelembutan hati, keadilan, dan kedamaian, serta saling menguatkan dalam menghadapi pencobaan dan penganiayaan.

Komentar