Apa Tujuan Pendidikan Sesungguhnya?

Apa tujuan pendidikan sesungguhnya?

Jawaban:

Tujuan pendidikan sesungguhnya adalah pembinaan pribadi manusia secara utuh, baik dalam dimensi pribadi maupun sosial, untuk mencapai kesejahteraan bersama dan perdamaian yang sejati.

Penjelasannya:

Dokumen Pernyataan tentang Pendidikan Kristen menggarisbawahi bahwa tujuan pendidikan sesungguhnya adalah pembinaan pribadi manusia secara utuh. Hal ini meliputi dua dimensi utama.

1. Dimensi pribadi

Pendidikan membantu individu untuk memahami dan menghargai martabat mereka sebagai ciptaan Tuhan dengan hak dan kewajibannya. Pendidikan menanamkan nilai-nilai moral, etika, dan spiritual yang membentuk karakter mulia, beriman, dan bertanggung jawab. Selain itu, pendidikan membekali individu dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk berkembang dan berkontribusi di masyarakat.

2. Dimensi sosial

Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup individu dan masyarakat melalui berbagai aspek, seperti kesehatan, ekonomi, dan sosial. Pendidikan menumbuhkan rasa persaudaraan, saling menghargai dan menghormati antar individu dan kelompok, sehingga tercipta kerukunan dan perdamaian. Lebih lanjut, pendidikan mendorong individu untuk menjadi agen perubahan yang berkontribusi dalam pembangunan masyarakat dan bangsa.

Teks tersebut menekankan bahwa pendidikan bukan hanya tentang transfer ilmu pengetahuan, tetapi tentang pembinaan manusia secara utuh. Pendidikan harus mempertimbangkan semua aspek yang disebutkan di atas untuk mencapai tujuannya, yaitu membantu individu mencapai potensi penuhnya dan berkontribusi secara positif bagi masyarakat dan dunia.

Komentar