Apa Maksud Pesan Yesus, “Bukan Orang Sehat yang Memerlukan Tabib, Tetapi Orang Sakit (Mat 9:12; Luk 15:11-32) dalam Kaitannya Dengan Penderita HIV/AIDS?

Apa maksud pesan Yesus, “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit (Mat 9:12; Luk 15:11-32) dalam kaitannya dengan penderita HIV/ AIDS?

Jawaban:

Maksud pesan Yesus, “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit (Mat 9:12; Luk 15:11-32) dalam kaitannya dengan penderita HIV/AIDS adalah bahwa Yesus datang untuk menyelamatkan mereka yang terbebani dosa dan membutuhkan kesembuhan, termasuk mereka yang menderita HIV/AIDS. Penderita HIV/AIDS membutuhkan dukungan dan kasih dari orang lain, dan Gereja memiliki tanggung jawab untuk membantu mereka. Kita semua harus meneladani kasih Yesus dengan menunjukkan sikap yang penuh kasih dan pengertian kepada mereka.

Penjelasannya:

Pesan Yesus "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit" (Matius 9:12; Lukas 15:11-32) memiliki makna yang mendalam dalam kaitannya dengan penderita HIV/AIDS. Perkataan ini merupakan pernyataan misinya sebagai Mesias yang datang untuk menyelamatkan umat manusia dari dosa, termasuk mereka yang menderita HIV/AIDS. Orang sakit melambangkan mereka yang terbebani dosa dan membutuhkan kesembuhan. Yesus datang bukan untuk menghakimi atau menghukum, melainkan untuk menawarkan pengampunan dan keselamatan.

Penderita HIV/AIDS sering kali mengalami stigma dan diskriminasi. Mereka dikucilkan dan dijauhi karena penyakitnya. Dalam situasi ini, mereka membutuhkan dukungan dan kasih dari orang lain. Pesan Yesus mengingatkan kita bahwa mereka adalah manusia yang membutuhkan pertolongan, bukan dikucilkan.

Gereja sebagai perwujudan Tubuh Kristus memiliki tanggung jawab untuk menjangkau dan membantu mereka yang menderita HIV/AIDS. Gereja dapat memberikan dukungan moral, spiritual, dan praktis kepada mereka. Gereja juga dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang HIV/AIDS dan melawan stigma dan diskriminasi.

Kita semua harus meneladani kasih Yesus dengan menunjukkan sikap yang penuh kasih dan pengertian kepada penderita HIV/AIDS. Kita dapat membantu mereka dengan berbagai cara, seperti:
  • Memberikan dukungan moral dan emosional
  • Memberikan bantuan praktis, seperti membantu mereka mendapatkan pengobatan dan layanan kesehatan
  • Melawan stigma dan diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS
  • Mendoakan mereka

Pesan Yesus "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit" mengingatkan kita bahwa semua orang membutuhkan kasih dan pengampunan Allah. Kita harus menunjukkan kasih dan kepedulian kepada penderita HIV/AIDS, dan membantu mereka dalam pemulihan fisik, mental, dan spiritual.

Komentar