Apa Makna Kebebasan Menurut Dokumen Gaudium et Spes Tersebut?

Apa makna kebebasan menurut dokumen Gaudium et Spes tersebut?

Jawaban:

Makna kebebasan menurut dokumen Gaudium et Spes art 17 tersebut adalah bahwa kebebasan menurut Gaudium et Spes bukan kesewenang-wenangan, melainkan kemampuan mulia untuk memilih dan bertindak demi kebaikan dan mencari Tuhan. Kebebasan ini harus digunakan dengan sadar dan bertanggung jawab, serta diiringi dengan usaha untuk membebaskan diri dari nafsu dan dosa dengan bantuan rahmat Allah.

Penjelasannya:

Dokumen Gaudium et Spes art 17 mendefinisikan kebebasan sebagai karunia mulia yang diberikan Tuhan kepada manusia. Kebebasan ini bukan berarti kesewenang-wenangan untuk berbuat semaunya, melainkan kemampuan untuk memilih dan bertindak demi kebaikan dan mencari Tuhan.

Manusia diberikan kebebasan ini agar dapat secara sadar dan bertanggung jawab memilih jalan hidupnya, serta membebaskan diri dari nafsu dan dosa. Dengan kebebasan ini, manusia diharapkan dapat mencapai kebahagiaan sejati dengan mengabdi kepada Tuhan.

Meskipun kebebasan manusia terluka oleh dosa, dengan bantuan rahmat Allah, manusia mampu mengarahkan kehendaknya kepada Tuhan dan menggunakan kebebasannya untuk melakukan kebaikan.

Intinya, kebebasan menurut Gaudium et Spes adalah karunia yang harus digunakan dengan bijak dan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan hidup yang mulia, yaitu mencari Tuhan dan hidup sesuai dengan ajaran-Nya.

Komentar