Apa Arti Kaul Keperawanan?

Apa arti kaul keperawanan?

Jawaban:

Kaul keperawanan adalah komitmen seumur hidup yang diikrarkan oleh para religius untuk menjalani hidup tanpa menikah dan menjaga kemurnian seksual. Para religius yang hidup dengan kaul keperawanan memfokuskan diri pada pelayanan kepada Allah dan Gereja, tanpa terikat oleh tanggung jawab pernikahan dan keluarga.

Penjelasannya:

Kaul keperawanan merupakan komitmen seumur hidup yang diikrarkan oleh para religius untuk menjalani hidup tanpa menikah dan menjaga kemurnian seksual. Komitmen ini dilandaskan pada teladan Yesus Kristus dan ajaran para rasul, dan menjadi salah satu dari tiga nasihat Injil yang dihayati oleh para religius, bersama dengan kaul kemiskinan dan ketaatan.

Keperawanan bukan hanya tentang abstain dari hubungan seksual, melainkan tentang mengarahkan seluruh cinta dan kasih sayang kepada Allah dan sesama. Para religius yang hidup dengan kaul ini memfokuskan diri pada pelayanan kepada Allah dan Gereja, tanpa terikat oleh tanggung jawab pernikahan dan keluarga.

Kaul keperawanan bukan suatu paksaan, melainkan pilihan bebas yang didasari oleh panggilan hidup dan komitmen untuk mengikuti Yesus Kristus secara lebih dekat. Bukan pula penyangkalan kodrat manusia, melainkan cara hidup berbeda yang memiliki nilai dan keindahannya sendiri.

Meskipun para religius memiliki kebutuhan seksual, kebutuhan ini disalurkan dengan cara yang sehat dan positif, seperti melalui doa, kontemplasi, dan pelayanan kepada sesama.

Kaul keperawanan memiliki banyak manfaat bagi para religius dan Gereja. Di antaranya, membebaskan para religius dari kekhawatiran duniawi, memberikan waktu dan energi lebih banyak untuk pelayanan, memperkuat hubungan pribadi dengan Allah, dan menjadi tanda bagi dunia tentang nilai-nilai Kerajaan Allah, seperti cinta, kasih, dan pengabdian.

Komentar