Apa Arti dan Makna dari Kerja?

Apa arti dan makna dari kerja?

Jawaban:

Kerja adalah sebuah panggilan luhur yang diberikan Allah kepada manusia untuk berpartisipasi dalam karya penciptaan-Nya.

Makna kerja adalah bahwa manusia tidak hanya mencari nafkah, tetapi juga mengembangkan diri, melayani sesama, mencerminkan kemuliaan Allah, memelihara alam, dan mempersiapkan diri untuk kebahagiaan kekal.

Penjelasannya:

Kerja bukan sekadar aktivitas mencari nafkah, melainkan panggilan luhur dari Allah untuk berpartisipasi dalam karya penciptaan-Nya. Melalui kerja, manusia bukan hanya memenuhi kebutuhan hidup, tetapi juga mengembangkan diri, melayani sesama, mencerminkan kemuliaan Allah, dan mempersiapkan diri untuk kebahagiaan kekal.

Tak hanya sekadar aktivitas fisik, kerja merupakan perwujudan peran manusia sebagai ciptaan Allah yang diutus untuk menaklukkan bumi dan menguasainya dalam keadilan dan kesucian. Bekerja dengan tekun dan penuh tanggung jawab merupakan bentuk partisipasi manusia dalam rencana ilahi untuk kemajuan dunia.

Kerja juga merupakan sarana untuk mengembangkan bakat dan kemampuan manusia. Dengan bekerja, manusia dapat mengasah potensinya dan berkontribusi pada kemajuan masyarakat dan dunia. Di saat yang sama, kerja yang tulus dan penuh kasih menjadi wujud pelayanan kepada sesama, membantu memenuhi kebutuhan orang lain, dan menciptakan dunia yang lebih adil dan damai.

Kerja yang baik dan bertanggung jawab mencerminkan kemuliaan Allah. Kecerdasan dan kerja keras manusia menghasilkan karya-karya indah dan bermanfaat bagi orang lain. Penghormatan kepada Allah pun terpancar melalui kerja yang dilakukan dengan penuh syukur dan penghargaan terhadap alam. Manusia, sebagai pengelola bumi, diamanahkan untuk menjaga dan memelihara alam dengan bijaksana.

Kerja bukan hanya tentang kesibukan duniawi, tetapi juga persiapan untuk "istirahat" abadi di surga. Dengan bekerja dengan tekun dan penuh dedikasi, manusia dapat mencapai kebahagiaan dan kedamaian kekal.

Gereja mendorong umat Katolik untuk memiliki spiritualitas kerja yang positif. Spiritualitas ini didasari oleh kesadaran bahwa kerja adalah partisipasi dalam karya Allah dan sarana untuk mencapai tujuan ilahi.

Komentar