10 Rekomendasi Obat Jerawat Terbaik di Apotik Lengkap dengan Harganya


Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum dihadapi banyak orang. Jerawat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti hormon, stres, dan pola makan yang tidak sehat. Jerawat yang tidak diobati dapat meninggalkan bekas luka permanen.

Untungnya, ada banyak obat jerawat yang tersedia di apotik yang dapat membantu mengatasi jerawat.

Berikut ini adalah 10 rekomendasi obat jerawat paling ampuh dan efektif yang dijual di apotik dan harganya:

1. Benzolac 5

Benzolac 5 merupakan obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide 5%. Obat ini bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan, dan membantu membuka pori-pori kulit yang tersumbat. Benzolac 5 efektif mengatasi jerawat vulgaris atau jerawat yang umum terjadi.

Benzolac 5 tersedia dalam bentuk gel dan dioleskan pada area wajah yang berjerawat sebanyak 2 kali sehari. Pastikan untuk mengoleskan obat secara tipis dan merata. Hindari kontak dengan mata, mulut, dan membran mukosa lainnya.

Obat ini tidak boleh digunakan oleh individu yang memiliki hipersensitivitas terhadap benzoyl peroxide, wanita hamil, dan wanita menyusui.

Perlu diingat bahwa penggunaan Benzolac 5 dapat menyebabkan efek samping seperti kulit kering, iritasi, dan kemerahan. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan obat ini, terutama jika Anda memiliki kondisi kulit lainnya.

Harga Rp.25.000

2. PanOxyl PM

PanOxyl merupakan rangkaian produk perawatan jerawat yang dikembangkan oleh dokter kulit di Amerika Serikat. Produk ini hadir dalam dua bentuk: sabun cuci muka berbahan dasar benzoyl peroxide dalam varian 4% dan 10%, serta plester jerawat transparan yang mengandung hydrocolloid.

Sabun cuci muka PanOxyl Acne Foaming Wash membantu membersihkan jerawat yang ada sekaligus mencegah munculnya jerawat baru. Formulanya diklaim lembut di kulit dan cocok digunakan pada wajah, dada, dan punggung. Benzoyl peroxide dalam sabun ini membantu memudarkan noda bekas jerawat.

Plester jerawat PanOxyl PM Overnight Spot Patches berfungsi melindungi jerawat dari kotoran, mencegah kebiasaan memencet jerawat, dan membantu mempercepat penyembuhan. Plester ini terbuat dari bahan alami dan cocok untuk semua jenis kulit.

PanOxyl PM menawarkan solusi perawatan jerawat yang lengkap dan efektif. Produk ini diformulasikan dengan bahan yang aman dan lembut di kulit.

Harga Rp.189.000

3. Cindala Gel

Cindala Gel merupakan obat jerawat topikal yang mengandung antibiotik klindamisin fosfat. Obat ini diresepkan oleh dokter untuk mengobati jerawat parah pada orang dewasa dan anak-anak berusia minimal 12 tahun.

Klindamisin fosfat bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga membantu meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan jerawat. Cindala Gel dioleskan tipis-tipis pada area jerawat yang telah dibersihkan, 2-3 kali sehari, sesuai dengan petunjuk dokter.

Harga Rp.20.000

4. Aza 20 Cream

AZA 20 Cream adalah obat jerawat topikal yang mengandung azelaic acid 20%. Obat ini diresepkan oleh dokter untuk mengatasi jerawat vulgaris ringan hingga sedang. Azelaic acid bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan, dan membantu membuka pori-pori kulit yang tersumbat.

AZA 20 Cream umumnya dioleskan tipis-tipis pada area jerawat yang telah dibersihkan, dua kali sehari (pagi dan malam hari). Efek samping yang mungkin terjadi adalah gatal-gatal, rasa terbakar, kemerahan, ruam kulit, iritasi, dan dermatitis.

Harga Rp. 45.000

5. Niacef Nicotinamide 4

Niacef Nicotinamide 4 adalah obat topikal yang mengandung nicotinamide 4% untuk mengobati jerawat vulgaris, terutama bentuk inflamasi dengan papula dan pustula. Obat ini harus digunakan dengan resep dokter.

Nicotinamide bekerja dengan cara mengurangi peradangan, mengontrol produksi minyak, dan membantu membuka pori-pori yang tersumbat. Niacef Nicotinamide 4 dioleskan pada area jerawat yang telah dibersihkan, dua kali sehari.

Harga Rp. 35.000

6. Kaleido

Kaleido Acne Patch Rescue Series hadir sebagai solusi inovatif untuk membantu Anda mengatasi jerawat batu dan noda bekas jerawat yang membandel. Acne Patch ini didesain khusus dengan teknologi microneedle untuk menembus lapisan kulit terdalam dan mengantarkan bahan aktif secara efektif untuk bekerja di akar jerawat dan noda.

Keunggulan Kaleido:
  • 35x lebih efektif daripada obat oles: Microneedle membantu mengantarkan bahan aktif hingga ke bagian kulit terdalam, sehingga lebih efektif dalam mengatasi jerawat dan noda.
  • Menembus 2 lapisan kulit teratas: Microneedle patch menembus lapisan stratum corneum dan epidermis untuk mendorong bahan aktif ke dalam jerawat dan noda.
  • Formula mutakhir: Setiap microneedle mengandung bahan aktif yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan noda, seperti Hyaluronic acid, Niacinamide, Salicylic acid, Tranexamic acid dan Ferulic acid

Harga Rp. 80.000

7. KKV - OMNISKIN Volcanic Ash Pimple Drying Lotion

KKV - OMNISKIN Volcanic Ash Pimple Drying Lotion adalah produk yang diformulasikan khusus untuk membantu mengatasi jerawat. Kandungan abu vulkanik yang kaya akan mineral membantu memulihkan kulit berjerawat tanpa membuat kulit mengelupas, mendetoksifikasi kulit, dan mengangkat kotoran.

Abu vulkanik dalam produk ini juga membantu sintesis kolagen, sehingga kulit terasa lebih kenyal, pori-pori mengecil, dan bekas jerawat memudar. Teksturnya yang berupa lotion cepat kering saat diaplikasikan pada area jerawat.

Selain abu vulkanik, produk ini juga mengandung bahan-bahan lain yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat, seperti:
  • Sulfur: Bersifat antibakteri yang membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat.
  • Salicylic Acid: Membantu mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat.
  • Glycolic Acid: Mendorong regenerasi sel kulit sehingga memudarkan bekas jerawat.
  • Allantoin: Meredakan inflamasi dan iritasi pada kulit.

Harga Rp. 80.000

8. Vitacid

Vitacid Cream merupakan obat jerawat topikal yang mengandung Retinoic Acid (tretinoin) 0.025%. Retinoic Acid bekerja dengan meningkatkan pergantian sel kulit dan menekan sintesis keratin, sehingga membantu mengatasi jerawat komedogenik, papul, dan pustul. Obat ini juga bermanfaat untuk mengatasi photoaging, seperti garis halus dan keriput.

Harga Rp. 25.000

9. Acnol Lotion

Acnol Lotion adalah obat jerawat topikal yang mengandung Allantoin, camphor, sulfur, m-dihydroxybenzene, dan trichlorohydroxydiphenylether. Obat ini bekerja dengan membantu mengurangi minyak berlebih dan melawan bakteri penyebab jerawat.

Acnol Lotion diindikasikan untuk mengatasi jerawat. Obat ini digunakan dengan cara dioleskan pada area yang berjerawat, 1-2 kali sehari. Acnol Lotion tersedia dalam kemasan dus dan botol @ 10 ml.

Acnol Lotion dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi jerawat. Kandungan Allantoin dan sulfur membantu mengurangi minyak berlebih dan melawan bakteri penyebab jerawat.

Harga Rp. 17.000

10. Medi-Klin TR

Medi-Klin TR Gel adalah obat jerawat topikal berbentuk gel yang mengandung antibiotik semisintetik Clindamycin phosphate 1.2% dan Tretinoin 0.025%. Tretinoin bekerja dengan mempercepat pergantian sel kulit untuk membantu menghilangkan keratinisasi dan penebalan epitel folikel, sedangkan Clindamycin phosphate bekerja dengan menghambat produksi enzim dan inflamasi atau faktor aktivasi oleh P. acnes pada sebum. Obat ini diformulasikan khusus untuk mengatasi jerawat vulgaris yang disertai lesi inflamasi dan komedo tertutup dan terbuka.

Medi-Klin TR hanya boleh digunakan dengan resep dokter. Obat ini bekerja dengan cara mempercepat pergantian sel kulit dan menghambat produksi bakteri penyebab jerawat. Obat ini diindikasikan untuk mengatasi jerawat vulgaris (akne vulgaris).

Harga Rp. 50.000

Itulah 10 rekomendasi obat jerawat paling ampuh dan efektif di apotik lengkap dengan harganya. Sebelum memilih obat jerawat, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter atau apoteker untuk mendapatkan rekomendasi obat yang sesuai dengan jenis jerawat dan kondisi kulit Anda.

Comments