Untuk apa Para Murid Dipanggil? Agama Katolik Kelas 10 SMA/SMK

Untuk apa para murid dipanggil?

Jawaban:

Para murid dipanggil Yesus untuk membentuk kelompok inti pengikut-Nya, mendampingi-Nya dalam pelayanan, dan menjadi pemimpin Gereja masa depan. Mereka akan belajar dari Yesus, membantu dalam pelayanan-Nya, dan kemudian menyebarkan ajaran-Nya kepada dunia.

Penjelasannya:

Dalam bacaan Lukas 6:12-16, Yesus memanggil dan memilih dua belas murid. Pemanggilan ini memiliki beberapa tujuan penting. Pertama, Yesus ingin membentuk kelompok inti pengikut-Nya yang dekat dengan-Nya. Mereka akan menerima pengajaran dan pelatihan langsung dari Yesus, mempersiapkan mereka untuk peran penting di masa depan.

Kedua, para murid ini akan mendampingi Yesus dalam pelayanan-Nya. Mereka akan menyaksikan mukjizat dan pengajaran-Nya secara langsung, belajar dari teladan dan ajaran-Nya, dan kemudian ikut menyebarkan berita Injil.

Ketiga, para murid ini akan menjadi pemimpin Gereja masa depan. Setelah kenaikan Yesus ke surga, mereka akan menjadi inti dari Gereja mula-mula. Mereka akan memimpin jemaat, memberitakan Injil, dan melanjutkan misi yang diberikan Yesus kepada mereka.

Pemanggilan para murid ini merupakan awal mula terbentuknya Magisterium Gereja, di mana Yesus mempersiapkan para murid untuk menjadi pemimpin dan pengajar dalam Gereja-Nya. Magisterium Gereja ini memiliki tugas menafsirkan Kitab Suci dan ajaran yang diturunkan (Tradisi).

Pemanggilan para murid memiliki tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek, mereka akan belajar dari Yesus dan membantu dalam pelayanan-Nya. Jangka panjang, mereka akan menjadi pemimpin Gereja dan menyebarkan ajaran Yesus kepada dunia.

Komentar