St. Hieronimus Berkata: “Sebab Tidak Mengenal Kitab Suci Berarti Tidak Mengenal Kristus.” Apa Maksudnya?

St. Hieronimus berkata: “Sebab tidak mengenal Kitab Suci berarti tidak mengenal Kristus.” Apa maksudnya?

Jawaban:

St. Hieronimus berkata: “Sebab tidak mengenal Kitab Suci berarti tidak mengenal Kristus.” Maksudnya adalah St. Hieronimus ingin menegaskan bahwa Kitab Suci adalah sumber utama untuk mengenal Yesus Kristus. Kitab Suci memuat informasi tentang Yesus, mulai dari kelahiran-Nya, pengajaran-Nya, mukjizat-Nya, hingga wafat dan kebangkitan-Nya. Dengan mempelajari Kitab Suci, kita dapat memahami kasih Allah yang besar bagi manusia dan meneladani teladan hidup Yesus. 

Penjelasannya:

St. Hieronimus menegaskan bahwa "Sebab tidak mengenal Kitab Suci berarti tidak mengenal Kristus." Pernyataan ini memiliki makna yang mendalam karena Kitab Suci adalah sumber utama untuk mengenal Yesus Kristus. Kitab Suci memuat kisah-kisah tentang penciptaan, sejarah bangsa Israel, kehidupan dan ajaran Yesus, serta awal mula Gereja. Dengan mempelajarinya, kita dapat memahami wahyu Allah dan rencana-Nya bagi manusia, khususnya melalui Yesus Kristus.

Yesus Kristus adalah pusat iman Kristiani. Dialah yang diutus Allah untuk menyelamatkan manusia dari dosa dan maut. Kitab Suci memuat banyak informasi tentang Yesus, mulai dari kelahiran-Nya, pengajaran-Nya, mukjizat-Nya, hingga wafat dan kebangkitan-Nya. Dengan mempelajari Kitab Suci, kita dapat mengenal Yesus secara lebih mendalam, memahami kasih-Nya yang besar bagi manusia, dan meneladani teladan hidup-Nya.

Kitab Suci juga menunjukkan bagaimana Yesus diinterpretasikan dan dipahami oleh para pengikut-Nya di masa lampau. Dengan mempelajarinya, kita dapat memahami bagaimana Yesus diimani dan dihayati oleh orang-orang Kristen di berbagai zaman dan budaya. Hal ini dapat membantu kita untuk memperdalam iman kita sendiri kepada Yesus Kristus.

Kesimpulannya, pernyataan St. Hieronimus menekankan pentingnya Kitab Suci dalam kehidupan Kristiani. Kitab Suci adalah peta yang menunjukkan jalan menuju Yesus Kristus dan keselamatan-Nya. Marilah kita jadikan Kitab Suci sebagai bagian penting dalam kehidupan kita dengan membacanya setiap hari, merenungkannya, dan membicarakannya dengan orang lain. Dengan demikian, kita dapat mengenal Yesus Kristus secara lebih mendalam dan semakin mendekatkan diri kepada-Nya.

Komentar